<!–:id–>Dr Alim Markus: “Cintailah Produk-Produk Indonesia” <!–:–>

<!–:en–>BEM: Timeline Keluarga Mahasiswa FEB UB 2014<!–:–><!–:id–>BEM: Timeline Keluarga Mahasiswa FEB UB 2014<!–:–>
28 November 2014
<!–:id–>Miris, Jumlah Wirausahawan Indonesia Tidak Lebih Dari 2% Jumlah Penduduk<!–:–><!–:en–>Miris, Jumlah Wirausahawan Indonesia Tidak Lebih Dari 2% Jumlah Penduduk<!–:–>
29 November 2014

Indonesia merupakan negara yang besar dan kaya akan sumber daya. Sayangnya, potensi ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan rendahnya jumlah pengusaha di Indonesia dibandingkan Negara lain. Kondisi mental bangsa yang lebih bangga menggunakan produk luar negeri turut menenggelamkan usaha dalam negeri di tengah persaingan yang semakin ketat dan mengglobal.

Hal ini disampaikan oleh Dr Alim Markus (CEO Maspion Grup) dalam Seminar Nasional Kewirausahaan Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) pada Sabtu (29/11) di Aula Lantai 7 Gedung F FEB UB. CEO yang dikenal dengan tagline “Cintailah Produk-Produk Indonesia” ini memiliki keyakinan bahwa Indonesia mampu bersaing khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bila pemerintah melalui program-programnya mempermudah usaha kecil menengah (UKM) dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Lebih lanjut, Keberadaan investor asing di Indonesia hendaknya tidak hanya dilihat sebagai ancaman melainkan kesempatan untuk meningkatkan kreativitas pengusaha agar dapat bersaing bahkan dapat dijadikan partner dalam berbisnis. Dr Alim Markus berpendapat bahwa pembangunan infrastruktur dan transportasi yang baik juga akan menjadi faktor penarik bagi investor untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Dalam  hal ini, Pemerintah dapat menarik pajak dari pengusaha Indonesia untuk pembangunan infrastruktur dan transportasi. Pendampingan dari pemerintah, akademisi dan praktisi bagi pengusaha khususnya UKM perlu ditingkatkan untuk menambah keunggulan bersaing.  Tidak lupa, Dr Alim Markus menyampaikan pesan kepada peserta untuk mendukung Indonesia agar dapat bersaing di lingkup global dengan terus  menggunakan produk-produk Indonesia melalui tagline-nya “Cintailah Produk-Produk Indonesia”. (ris)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan