<!–:en–>FEB UB Tuan Rumah Penyelenggaraan CSRS and CSRA General Meeting dalam Rangka Pembentukan Institute of Certified Sustainability Practitioners<!–:–><!–:id–>FEB UB Tuan Rumah Penyelenggaraan CSRS and CSRA General Meeting dalam Rangka Pembentukan Institute of Certified Sustainability Practitioners<!–:–>

<!–:en–>Seminar Metode Kualitatif Pascasarjana FEB UB<!–:–><!–:id–>Seminar Metode Kualitatif Pascasarjana FEB UB<!–:–>
3 April 2015
<!–:en–>BEM: “ENTREPRENEUR CLUB”<!–:–><!–:id–>BEM: “ENTREPRENEUR CLUB”<!–:–>
6 April 2015

Rabu (01/04), bertepatan dengan HUT ke-101 Kota Malang, bertempat di Ruang Sidang Utama Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Brawijaya (UB) diadakan rapat pembentukan Institut Praktisi Keberlanjutan Bersertifikat atau Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP). Organisasi ini merupakan satu-satunya di dunia yang mewadahi profesi bersertifikat untuk melakukan pengembangan dalam bidang profesi ke depannya. Menurut keterangan Ketua ICSR, Dr. Ali Darwin, yang berhak menjadi anggota adalah mereka yang memiliki sertifikat di bidang keberlanjutan. Beliau menambahkan, “Oleh karena yang memiliki sertifikat tidak hanya dari Indonesia, maka organisasi ini nantinya akan memiliki cabang di sejumlah negara”.

Dalam pembentukan ICSP, akan diadakan CSRS dan CSRA training di sejumlah negara, antara lain Kuala Lumpur, Thailand, Filipina, dan selanjutnya Singapura pada bulan Mei mendatang. Training tersebut akan dilakukan oleh National Centre of Sustainability Reporting (NCSR) yang merupakan certified training dari Certified Reporting Instructor (CRI).

Rapat pembentukan ICSP tersebut dipimpin oleh Prof. Eko Ganis Sukoharsono, S.E., M.Com. (Hons), Ph.D. yang membahas mengenai tiga poin penting, yaitu:

  1. Persetujuan AD dan ADRT Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP)
  2. Penyusunan Peraturan Organisasi, Kode Etik, dan Rencana Kerja Strategis
  3. Pemilihan dan pengangkatan pimpinan Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP) tahun 2015 – 2017.

Berdasarkan diskusi, forum menyetujui rancangan AD dan ADRT yang selanjutnya akan diadakan revisi pada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Selain itu, meskipun telah dirancang gambaran umum mengenai peraturan organisasi, kode etik, dan rencana kerja strategis, hal tersebut masih belum bisa ditetapkan secara resmi. Rancangan tersebut akan ditindaklanjuti oleh panitia kecil yang dibentuk dari peserta dalam forum tersebut dengan diketuai oleh Prof. Eko Ganis Sukoharsono, S.E., M.Com. (Hons)., Ph.D. dan Dr. Erwin Saraswati, S.E., M.Acc., CPMA., Ak. sebagai sekretaris. Selain itu, juga diangkat lima caretaker yang membantu proses pengambilan keputusan pembentukan kerangka organisasi.

Rapat pembentukan ICSP tersebut juga dihadiri oleh Dekan FEB UB, Prof. Candra Fajri Ananda, S.E., M.Sc. Ph.D. Dalam sambutannya, Beliau berharap agar organisasi ini tidak berfokus pada kerjasama transaksional, melainkan kerjasama yang memiliki satu visi yang mulia, yaitu untuk membangun masa depan untuk generasi mendatang. (gde/the/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan