Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) Mengabdi di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Harmoni
3 September 2020
Presensi Semester Ganjil TA 2020/2021
8 September 2020

Desa sebagai entitas pemerintahan paling bawah memiliki otonomi yang didukung oleh kewenangan skala lokal untuk menentukan pembangunan secara partisipatif demi memberikan pelayanan pada kebutuhan masyarakat setempat. Kecamatan Pakis sebagai wilayah strategis terdampak jalan tol harus dapat memperoleh manfaat positif dari pembangunan infrastruktur melalui penguatan kemampuan desa dan mendukung perangkat teknis pelaksanaan pembangunan desa.. Dalam rangka peningkatan kapasitas, pengetahuan maupun ketrampilan aparat desa dan masyarakat Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menginisiasi kegiatan JIE Mengabdi 2020 yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Melalui kegiatan ini segenap dosen Jurusan Ilmu Ekonomi hadir dan belajar bersama masyarakat Kecamatan Pakis, tepatnya pada tanggal 5 September 2020. Menurut ketua pelaksanaa Dr Setyo Tri Wahyudi, kegiatan yang disertai dengan protokol kesehatan Covid 19 ini terdiri dari peningkatan kapasitas aparatur desa dalam perencanaan/pengganggaran desa, pengelolaan BUMDES berbasis digital, sosialisasi produk pembiayaan dan jasa keuangan syariah, pelatihan kewirausahaan berbasis tanaman organik, hingga pemberian bantuan buku dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kecamatan Pakis.

Kegiatan yang diselenggarakan di delapan desa ini mendapatkan antusiasme yang tinggi baik dari para peserta (masyarakat), perangkat desa maupun perangkat Kecamatan Pakis. Dalam diskusi di Desa Sukoanyar Prof Candra Fajri Ananda mengemukakan bahwa dana desa harus dapat dimanfaatkan secara tepat waktu dalam masa covid karena desa merupakan basis utama perlawanan terhadap penanganan pandemik tersebut. Ditempat yang sama Prof Maryunani menjelaskan pentingnya Bumdes sebagai basis ekonomi masyarakat perlu dikelola secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Banyaknya feedback positif yang dihasilkan dari kegiatan ini mendorong JIE untuk meningkatkan kerjasama berbasis pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan sebagai bagian dari pengabdian masyarakat dan juga saling belajar diantar perguruan tinggi dan masyarakat sekitar.

Video :

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan