Mahasiswa FEB UB di Ajang Japan Design Idea and Innovation Expo 2019

Havva Mask, Hobi Yang Berbuah Rejeki
28 June 2019
Pembekalan KKN Jurusan Ilmu Ekonomi Tahun Ajaran 2019/2020
28 June 2019

Event Japan Design Idea And Innovation Expo 2019 merupakan sebuah Event yang digagas oleh WIIPA (World Invention Intellectual Property Associations). Event ini merupakan acara tahunan dan diselenggarakan di berbagai negara di dunia. Acara ini bertujuan untuk mengumpulkan penemuan dari berbagai negara dan nantinya dipresentasikan kepada publik dan dilangsungkan di Tokyo Bay Washington Hotel pada 15-17 Juni kemarin.

Dalam kegiatan ini ada beberapa penemuan hebat hasil dari Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pada tim pertama ada Ni Wayan Widhi Yadnyani. Mahasiswa asal Bali ini mengangkat Syakuh. Syakuh merupakan e-wallet berbasis syariah pertama di dunia. Ide ini berasal dari pengembangan dari ide sebelumnya terkait potensi Muslim dunia khususnya di Indonesia. “Senang sekali karena dengan ini inovasi yang kita buat dapat diiketahui banyak pihak”, ujar mahasiswa kelahiran Oktober ini. Dalam acara ini tim Widhi memperoleh Silver Medal.

Tim kedua terdiri dari Selfy Yunita Dewi (Ilmu Ekonomi/ 2016) dan Febian Mahdatana (Ilmu Ekonomi/ 2016). Tim kedua ini mengangkat inovasi berupa Trading Card untuk kesehatan. Inovasi ini dipilih karena banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menerapkan pola hidup sehat. “Dengan Inovasi ini diharapkan pembelajaran kesehatan dapat diterapkan sejak usia muda”, kata Selfy. Pada kesempatan ini tim mereka juga mendapatkan Silver Medal.

Dan tim yang terakhir ada Rahma Andita Desi. Mahasiswi asal Malang ini memberikan inovasi berupa FFW (Feed from Waste. Berlatar belakang sulitnya mencari rumput ternak ketika kemarau, Dita dan timnya membuat pakan ternak berbahan dasar eceng gondok, molases, dan rumen. Hal ini selain untuk meningkatkan nilai jual eceng gondok juga untuk mengurangi hama eceng gondok. Dalam ajang ini tim Dita mendapatkan Gold Medal.

Meskipun jauh dari kampung halaman dan membutuhkan banyak sekali sumber daya untuk mengikuti ajang ini, dengan tekad yang bulat dan usaha yang keras, tim delegasi FEB UB dapat tampil dengan baik di tingkat Internasional. (fz)

Nauval Fais
Nauval Fais
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya