Mahasiswa Ilmu Ekonomi Mengikuti Tutorial Metodologi Penelitian

Inovasi Kebijakan
30 October 2019
TUTORIAL METODOLOGI PENELITIAN JURUSAN ILMU EKONOMI KEDUA
30 October 2019

Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya berusaha memenuhi dan memfasilitasi mahasiswa yang ingin lulus 3.5 tahun dengan memprogram kurikulum yang hanya ada maksimal 3.5 tahun jika dilakukan sesuai dengan program. Seminar Tutorial Metodologi Penelitian merupakan wadah bagi para mahasiswa yang disediakan oleh jurusan dengan tujuan agar mampu mengerjakan skripsi sesuai dengan harapan tanpa ada hambatan mengenai ide, cara penulisan, hingga teknis skrispi.

Seminar di laksanakan dalam 4 pertemuan dan dimulai pada hari ini Jumat 18 Oktober 2019 di Gedung F Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Peserta sudah mulai memenuhi ruangan pada pukul 08.00 sesaat setelah registrasi dibuka. Antusiasme peserta terlihat cukup tinggi karena dengan kapasitas aula sebesar 275 orang jumlah partisipan yang ada mencapai 325 orang. Bahkan beberapa peserta menggunakan kursi tambahan agar bisa masuk dalam ruangan aula.

Dibimbing langsung oleh Nugroho Suryo Bintoro, SE.,M.Ec.Dev., beliau memulai pembahasan bagaimana cara mencari ide atau topik skripsi. “Carilah mata kuliah favorit kalian, selanjutnya korelasikan dengan realitas terkini”, ujar beliau. Hal ini sejalan dengan tantangan skripsi saat ini adalah bagaimana mahasiswa mampu bertahan dengan topik skripsi. Karena pastinya ada tantangan-tantangan tersendiri bagi mahasiswa saat mengerjakan. Hal inilah yang diharapkan setidaknya mahasiswa bertahan karena adanya ketertarikan meskipun ada tantangan yang cukup berat kedepannya.

Dalam seminar ini dibahas juga mengenai cara penulisan bab 1 dan bab 2. Pembahasan dilakukan dengan rinci dan mudah dipahami mahasiswa. Kegiatan ini ditutup menjelang siang hari. Seminar selanjutnya dilaksanakan pada Sabtu 26 Oktober dengan pembahasan mengenai cara penulisan metode kuantitatif dan kualitatif. (fz)

Nauval Fais
Nauval Fais
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya