Memorandum of Agreement (MoA) antara FEB UB dengan BPKPD (Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah) Kabupaten Pasuruan

Formulir Isian Mahasiswa Yang Mengikuti Kegiatan Pulang Kampung
4 July 2022
Pendaftaran Mahasiswa Program Akselerasi (Fast Track) Universitas Brawijaya 2022/2023
5 July 2022

Senin, 4 Juli 2022 telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FEB UB dengan BPKPD (Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah) Kabupaten Pasuruan, dengan ruang lingkup kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Penandatanganan dilakukan antara Dekan FEB UB, Abdul Ghofar, DBA., Ak.,CA, dengan Kepala BPKPD sekaligus Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Drs. Akhmad Khasani, M.Si, bertempat di Auditorium Hotel Privos Edutel Kompleks SMKN 1 Prigen. SMKN 1 Prigen merupakan SMK binaan FEB-UB pada tahun 2020 melalui program peningkatan kapabilitas CEO SMK, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala BPKPD menyampaikan bahwa Kabupaten Pasuruan merupakan wilayah yang memiliki pegunungan, lautan, Kawasan industri, pertanian dan peternakan, sehingga secara potensi sumber daya begitu luar biasa. Tentunya potensi daerah yang besar ini harapannya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta menumbuhkan perekonomian daerah, ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan. Lebih lanjut Plt. Sekda Kabupaten Pasuruan ini menyambut baik sinergi antara akademisi dan Pemerintah Daerah yang dituangkan dalam Kerjasama ini. Harapannya Perguruan Tinggi, khususnya FEB UB dapat membantu dalam hal penguatan kapasitas SDM dan organisasi melalui pelatihan-pelatihan maupun riset agar pengelolaan keuangan daerah maupun pendapatan asli daerah di Kabupaten Pasuruan dapat lebih baik lagi. Seperti diketahui Kabupaten Pasuruan selama kepemimpinan Bupati Irsyad Yusuf telah mendapatkan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK dalam hal pengelolaan keuangan daerah selama 9 tahun berturut-turut. Selain itu, penerimaan daerah Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu daerah yang memiliki penerimaan daerah terbesar di Jawa Timur. Prestasi ini menjadi modal kuat agar Kabupaten Pasuruan lebih maju lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FEB UB yang menyatakan apresiasi terhadap capaian yang telah dilakukan oleh Kabupaten Pasuruan selama ini serta menyambut baik terlaksananya kerjasama ini. Harapannya sumber daya keilmuan yang dimiliki oleh FEB UB dapat membantu Kabupaten Pasuruan, khususnya, BPKPD, dalam mencapai level tertinggi kinerja organisasi. begitu pula sebaliknya kampus juga membutuhkan praktisi, terutama mengenai pengelolaan keuangan daerah, sehingga memberikan pengayaan keilmuan terhadap mahasiswa berdasarkan pengalaman. Selain itu, program magang bagi mahasiswa turut dibicarakan dalam kesempatan tersebut. Terakhir, Dekan FEB UB menyampaikan bahwa sinergi Kerjasama ini harus diletakkan dalam kerangka “Maju Kampusnya, Maju Daerahnya”.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan