Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan FEB UB

FEB Konsisten Didik Mahasiswa untuk Berwirausaha
22 November 2013
Mahasiswa Akuntansi Harus Segera Persiapkan Diri Hadapi Persaingan Global
25 November 2013

Dalam dunia pendidikan, jasa adalah “produk” utama yang ditawarkan oleh sebuah institusi pendidikan kepada pelanggannya (stakeholders). Institusi pendidikan, tak terkecuali Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) harus berupaya memberikan pelayanan prima kepada stakeholders yang terdiri dari mahasiswa, orang tua, dan masyarakat luas agar dapat bersaing dengan institusi pendidikan lain.

Pelayana prima sebagai sebuah elemen penting memiliki 2 aspek yang saling terkait yaitu pelayanan dan kualitas. Sebuah organisasi dikatakan telah memberikan pelayanan prima bila pelayanan dan kualitas yang dimiliki telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan stakeholders. FEB UB dalam rangka berbenah diri untuk terus memberikan yang terbaik kepada stakeholders nya menganggap perlu terus meng-upgrade  kemampuan tenaga kependidikan yang dimilikinya untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada stakeholders.

Sabtu (23/11) bertempat di Apple Room, UB Hotel, Gugus Jaminan Mutu (GJM) FEB UB menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima dan Beban Kerja Bagi Tenaga Kependidikan di FEB UB. Mengundang 2 pemateri kompeten dibidang Pelayanan Prima dan Psikologi di Perguruan Tinggi yaitu Lusiana  Dwi Damayanti, S.Psi dan Dr Awan Kostrad, pelatihan tahap I ini diikuti oleh 54 peserta yang terdiri dari Kepala Sub Bagian, Kepala Urusan, dan Staf yang ada di lingkungan FEB UB.

Pada pelatihan ini, selain menerima materi mengenai Pelayanan Prima dan Psikologi d i Perguruan Tinggi, peserta diberikan serangkain tes untuk mengetahui kepribadian  dan beban kerja yang ada. “Hasil tes menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memiliki kepribadian yang proaktif dan cukup baik”, jelas Lusiana ketika membacakan hasil serangkaian tes peserta pelatihan.

“Kita harus tahu bagaimana menghadapi berbagai jenis mahasiswa yang memiliki kepribadian berbeda seperti pendiam, suka berdebat, suka berbicara atau mahasiswa yang banyak menuntut”, tutur Dr Awan.  Dr Awan juga menjelaskan bahwa dalam pelayanan prima khususnya dibidang jasa ada beberapa elemen yang harus dipenuhi agar stakeholders mampu terpuaskan diantaranya keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Bila diimplementasikan dalam kehidupan kampus, tenaga kependidikan harus mampu memberikan pelayanan yang sesuai standar seperti cepat, tepat, mampu memberi solusi, menimbulkan rasa aman dan terjamin serta didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Melalui pelatihan diharapkan kualitas pelayanan yang diberikan tenaga kependidikan FEB UB dapat memenuhi harapan dan kebutuhan stakeholders. (ris)

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan