Pelatihan Penggunaan Media Daring Jurusan Manajemen

Pengantar Metode Kuantitatif dan Aplikasi Regresi Time Series
24 June 2020
Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program Magister Dan Doktor FEB UB
26 June 2020

Kebijakan protocol physical distancing akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia berdampak besar pada pendidikan. Tingginya risiko penularan penyakit ini mendorong Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Seluruh jenjang Pendidikan ‘dipaksa’ bertransformasi untuk menggunakan media daring, sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan dari rumah.

Pembelajaran dengan sistem daring yang datang tiba-tiba bukanlah hal yang mudah. Sistem ini membutuhkan kesiapan dari tenaga pendidik maupun peserta didik untuk mampu menggunakan teknologi digital. Tantangan berat terutama dialami oleh tenaga pendidik, karena selain harus memiliki literasi digital, tenaga pendidik juga harus merancang metode yang tepat agar capaian pembelajaran yang diinginkan tercapai.

Sebagai respon atas permasalahan tersebut, maka Jurusan Manajemen FEB UB mengadakan pelatihan penggunaan media daring dalam proses belajar mengajar. Pelatihan ini dilakukan pada hari Senin, 22 Juni 2020 dan Kamis, 25 Juni 2020 bertempat di Ruang Sidang Utama FEB UB. Pemateri pada pelatihan ini yaitu Bapak Agus Widyatama dan Bapak Mahendra Dwicahya Putra. Materi pelatihan meliputi penggunaan Big Blue Button dan Google Classroom. Adapun peserta kegiatan ini adalah Dosen Luar biasa, Dosen tetap Jurusan Manajemen FEB UB. Sasaran kegiatan ini yaitu penguasaan penggunaan media daring dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, baik dalam melakukan kegiatan tatap muka, pelaksanaan ujian (kuis, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester), maupun pemberian nilai. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dosen pada Jurusan Manajemen mampu berinovasi dan kreatif dalam mendesain media pembelajaran maupun metode pembelajaran dengan memanfaatkan media daring.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan