Pembekalan KKNP Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Indonesia Harus Bersiap Hadapi Asean Economic Community 2015
1 June 2013
Pembukaan Pendaftaran Joint Program MSA dan PPAk
4 June 2013

Sebelum melaksanakan mata kuliah KKNP (Kuliah Kerja Nyata Profesi), setiap jurusan mengadakan pembekalan tersebut kepada para mahasiswa. Begitu juga dengan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) di mana pada hari Senin (3/6) telah dilaksanakan pembekalan KKNP kepada para mahasiswa Akuntansi yang akan menempuh mata kuliah tersebut pada tahun akademik 2013/2014. Sebelum mengikuti pembekalan, para peserta telah diberi Buku Pedoman, Buku Kegiatan, lembar monitoring, dan lembar penilaian sebagai item penunjang bagi mereka. Pemateri dalam kegiatan kali ini tidak hanya dari kalangan akademisi, namun juga dari kalangan praktisi. Sehingga para mahasiswa mendapatkan gambaran secara lebih riil mengenai dunia kerja.

Pembekalan diawali dengan pengarahan dari Ketua JAFEB UB yaitu Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., MSi., Ak. , beliau menjelaskan tentang latar belakang diadakannya KKNP dan gambaran tentang KKNP secara umum. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sekretaris JAFEB UB, Helmy Adam, SE., MSA., CPMA, Ak. tentang Kebijakan Umum KKNP, Tata Tertib KKNP serta Kegiatan yang dapat disetarakan dengan KKNP. Selain dengan cara magang, KKNP juga dapat ditempuh dengan cara konversi kegiatan-kegiatan yang dapat disetarakan dengan KKNP. Contohnya adalah berbagai kepengurusan, penulisan karya ilmiah dan lain-lain, tentunya dengan beberapa syarat dan ketentuan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan KKNP-Tematik, yakni semacam pengabdian masyarakat dengan cara mengajar di sekolah-sekolah yang jauh dari kota dan dalam kedaaan kekurangan pengajar. Para mahasiswa yang memilih KKNP-Tematik, akan diberi pembekalan khusus tentang kegiatan belajar dan mengajar. Usai penyampaian materi dari Sekretaris JAFEB-UB, berikutnya adalah penyampaian materi Lutfi Harris, SE., MAk., Ak. selaku Staff JAFEB-UB tentang Penyusunan Rencana Kegiatan selama KKNP, serta Teknik Penulisan Laporan KKNP. “Untuk KKNP pada periode ini, ada peningkatan standar nilai predikat A.” ucap beliau. Sehingga dibutuhkan usaha yang lebih besar dari para peserta KKNP untuk mendapatkan nilai A. Hal ini sehubungan dengan upaya peningkatan kualitas para mahasiswa lulusan JAFEB-UB. Laporan tentang KKNP yang nantinya dibuat setelah menyelesaikan kegiatan KKNP, selain untuk menambah ilmu para mahasiswa yang terlibat, juga dapat menjadi bahan referensi para adik tingkat untuk mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan KKNP di berbagai perusahaan.

Kemudian acara ini dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Yeney Widya P., DBA., Ak. , materi yang diangkat adalah mengenai komunikasi dan kepribadian. Diawal penyampaian materi, para mahasiswa diingatkan untuk tampil percaya diri ketika terjun ke dunia kerja, namun jangan over confident. Beliau juga menyampaikan bahwa soft skill merupakan hal yang wajib diperhatikan, karena hal tersebut mampu banyak menunjang hard skill para mahasiswa. Kedua hal tersebut saling menunjang dalam kinerja para mahasiswa ketika turun ke dunia kerja. Mahasiswa juga harus memiliki konsep diri, yakni bagaimana berpenampilan, bagaimana bersikap di keseharian serta bagaimana cara berpikir. Cara berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja juga sangat penting, entah itu dengan atasan maupun bawahan. Biasakan mengucapkan salam ketika bertemu, dan mengucapkan terima kasih setelah mendapat bantuan dari orang lain. Karena dengan begitu hubungan kita dengan rekan kerja akan menjadi lebih baik.

Selanjutnya adalah penyampaian materi tentang Prospek Kerja Jurusan Akuntansi dan Kiat Sukses Berkarier, yang disampaikan oleh Nurul Fachriyah, MSA., Ak. “Pencari Kerja dan Pembuka Lapangan Kerja sama baiknya”, pernyataan beliau diawal penyampaian materi. Akhir-akhir ini banyak orang menggencarkan tentang Entrepreneurship karena jumlah pencari kerja di Indonesia sudah terlalu banyak. Namun pada hakikatnya kedua kelompok tersebut sama-sama baiknya. Keduanya saling menunjang kesuksesan masing-masing. KKNP yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa merupakan jembatan antara dunia teori dengan dunia praktek. Beliau juga mengingatkan bahwa mahasiswa dengan nilai akademis lebih bagus daripada yang lain, belum tentu akan lebih sukses daripada yang lain ketika berada di dunia kerja. Karena dunia kerja tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual, namun juga membutuhkan kecerdasan emosional. Akan lebih baik lagi apabila ditunjang dengan kecerdasan spiritual. Bahkan berdasarkan penelitian dari Daniel Goleman, 80% keberhasilan di dunia kerja ditentukan oleh kecerdasan emosional. Sementara kecerdasan intelektual hanya menentukan keberhasilan sebanyak 20%. Namun, bukan berarti kemampuan akademik tidak penting. Hard skill tetap harus ditingkatkan, agar dapat menjadi individu yang lebih berkualitas.

Usai pemaparan materi tentang Prospek Kerja Jurusan Akuntansi dan Kiat Sukses Berkarier, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Roshinta P., SE. dan Heny P. Keduanya merupakan Staff Personalia Banking Officer BNI (Bank Negara Indonesia). Materi yang mereka bawakan dalam kesempatan kali ini adalah tentang Motivasi Menghadapi Dunia Kerja. Ketika mengawali penyampaian materi, Roshinta P., SE. yang merupakan merupakan alumni FEB UB sempat berujar “Tidak seluruh teori yang kita pelajari ketika kuliah dapat kita terapkan di dunia kerja.” Maka dari itu para mahasiswa harus mencari berbagai pengalaman lain di luar kuliah. Dalam materi yang disampaikan, beliau memaparkan tentang berbagai hal tentang motivasi dan bagaimana motivasi dapat berdampak positif bagi karier kita ketika terjun di dunia kerja. “Di dunia perbankan, pegawai bidang Analyst biasanya diambilkan dari orang-orang dari alumni jurusan akuntansi. Gajinya pun cukup besar.” karena itulah jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Kemudian, penyampaian materi dilanjutkan oleh Heny P. . Beliau menjelaskan kepada para peserta pembekalan KKNP tentang apa saja yang harus kita miliki ketika turun ke dunia kerja. Tiga diantaranya adalah kemampuan komunikasi yang baik, kemauan untuk bekerja keras dan keberanian untuk bertanya. Para mahasiswa juga diperingatkan untuk sebisa mungkin menghindari kesalahan di dunia kerja, karena akibatnya bisa fatal. Tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga instansi yang kita naungi. Sebelum mengakhiri acara, kedua orang pemateri dari BNI ini juga sempat memberikan kursus singkat tentang Public Service, tentunya dengan harapan para peserta pembekalan KKNP bisa lebih mengetahui lagi tentang Public Service  di dunia kerja. (azm/mir)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan