Pengelolaan BUMDes Berbasis Ekonomi Digital Bersama JIE FEB UB

Pengabdian Masyarakat JIE FEB UB, Sosialisasi Alokasi Dana Desa
5 October 2021
Mengejar Reformasi Perpajakan
13 October 2021

Pengabdian masayarakat kali ni membantu warga untuk mengelola BUMDes berbasis ekonomi digital.

Diketahui, penggunaan internet di Indonesia saat ini masih belum merata berdasarkan wilayah, gender, tingkat kesejahteraan, tingkat pendidikan, dan sektor usaha. Internet juga masih dianggap sebagai sarana komunikasi dan hiburan, dan belum sebagai sarana bisnis secara luas.

Pemanfaatan internet adalah salah satu indikator dalam perkembangan ekonomi digital sehingga pemerintah perlu mendorong pemerataan jaringan internet beserta infrastruktur penopangnya, terutama di kawasan tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Hal ini termanifestasikan dalam upaya pengembangan desa yang masuk kategori 3T untuk meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat di desa secara menyeluruh.

Agar perkembangan ekonomi digital di Desa dapat terealisasi dengan baik, selain akses internet yang dipermudah, maka pemerintah perlu edukasi tentang ekonomi digital di masyarakat.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan tentang bagaimana cara memasarkan produk melalui media digital. Pengabdian masyarakat dilakukan oleh tim pengabdian dengan ketua Prof. Dr. Khusnul Ashar, MA, anggota Eddy Suprapto, SE., ME., dan Dr.rer.pol. Ferry Prasetyia, SE., MApp.Ec.

Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, peserta dan pemateri terbatas dan dalam ruangan yang terbuka. Ada sekitar 20 orang yang mengikuti kegiatan JIE Mengabdi, yang berasal dari pemerintah desa, BPD, LPMD, Perwakilan BUMDesa, dan masyarakat desa.

Materi tentang Ekonomi Digital dijelaskan oleh Dr.rer.pol Ferry Prasetyia, SE., Mapp.Ec, dalam penjelasannya perkembangan teknologi informasi telah membuka kesempatan bagi siapapun untuk memasarkan potensi dan produk yang dihasilkan dengan lebih cepat, biaya terjangkau dan menjangkau ke semua calon konsumen.

Tidak terkecuali produk-produk yang dihasilkan desa, BUMDesa dapat memanfaatkan media pemasaran digital untuk mengembangkan usaha yang dijalankannya. Pilihan platform digital telah banyak tersedia dan dapat dipilih mana yang sesuai dengan karakteristik unit usaha BUMDesa atau desa.

Kegiatan JIE Mengabdi FEB UB di Desa Pakis Kembar diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial kepada warga yang diwakili oleh Pak Dharmawan yang akan diserahkan kepada warga yang berhak.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/373634/pengelolaan-bumdes-berbasis-ekonomi-digital-bersama-jie-feb-ub

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan