PSMM FEB UB DIPERCAYA TINGKATKAN KAPABILITAS MANAJERIAL KEPALA SMK SE-INDONESIA

Sektor Pertanian: Harapan Pemulihan?
12 October 2020
Waspada Liquidity Trap
20 October 2020

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama dengan perguruan tinggi terpilih menjalankan Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Kepala SMK Berbasis Industri. Program Magister Manajemen (PSMM) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menjadi salah satu perguruan tinggi yang dipercaya memberikan pelatihan dan pendidikan kepada Kepala SMK se-Indonesia.

Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Kepala SMK Berbasis Industri  merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan program revitalisasi SMK yang dicanangkan Presiden RI sejak 2016 silam dengan tujuan membekali Kepala SMK jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan seperti CEO. Hal ini mengingat peran Kepala SMK yang menjadi salah satu penentu keberhasilan revitalisasi SMK. Kepemilikan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan seperti CEO oleh seorang Kepala SMK sangat dibutuhkan khususnya dalam menyusun strategi atau kebijakan untuk membawa guru, karyawan, dan peserta didik memiliki karakter kuat, terampil, kreatif, inovatif, imajinatif, peka terhadap kearifan lokal serta entrepreneurship.

Sebagai penyelenggara pelatihan dan pendidikan, PSMM FEB UB telah merancang program dengan baik dengan menyiapkan materi yang berkualitas dan melibatkan pelatih dan pendidik yang berkompeten. Program ini terdiri dari tahapan pembelajaran daring dan luring dengan total hari pelaksanaan yaitu 62 hari. Adapun materi diklat yang diajarkan yaitu Karakter CEO, Manajemen Strategis dan Kinerja, Manajemen Inovasi, Penguasaan Pribadi dan Kepemimpinan, Manajemen SDM dan Perubahan, dan Pemikiran Sistem untuk Pengambilan Keputusan. Diakhir program, para Kepala SMK ini diwajibkan untuk mengikuti ujian sertifikasi dan seminar hasil sebagai konfirmasi capaian program.

Harapan dari diadakannya program ini adalah Kepala SMK dapat memposisikan diri di sekolah bukan sekedar sebagai Kepala Sekolah, namun juga sebagai Chief Excecutive Officer (CEO) dari sekolah tersebut. Dalam tahapan pembelajaran, PSMM FEB UB juga telah merancang metode dan media pembelajaran yang membantu Kepala SMK untuk dapat menjalankan perannya sebagai motivator, inovator, organizer dan controller yang merupakan bagian dari implementasi kemampuan manajerial.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan