Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Di Dunia Akuntansi, FEB UB Gelar Seminar Nasional

(Indonesia) From Local To Global oleh Arek Malang Bayu Skak dan Dinar Hana di CBCC 2019 FEB UB
11 September 2019
Akreditasi A Gemuk, dari IE untuk UB
13 September 2019

MALANG – Bertempat di Aula Gedung F lantai 7 FEB UB, telah berlangsung Seminar Nasional yang bertajuk “Best Practice Proses Adaptasi Teknologi Informasi ke dalam Kurikulum Akuntansi”. Acara ini dihadiri oleh dosen dan otoritas Jurusan/Departemen Akuntansi.
Acara yangi berlangsung selama dua hari mulai Rabu-Kamis (4/9/2019-5/9/2019) ini dilatarbelakangi oleh adanya revolusi indistri 4.0 yang berdampak langsung pada Akuntansi. Sehingga perguruan tinggi, khususnya bidang Akuntansi harus membekali lulusannya dengan ilmu dan pengetahuan Akuntansi yang mengadaptasi perkembangan revolusi industri 4.0.
Seminar nasional ini mengundang Isnaeni Achdiat, M.Ak, CISA, CISM, CGEIT (Managing Partner EY Indonesia), Agung Nugroho Soedibyo, SE, M.Ak (Senior Partner RSM Indonesia), Yeney Widya Prihatiningtias, DBA, Ak., CA (Sekretaris Jurusan Akuntansi FEB UB), dan Dr. Syaiful Iqbal, Ak., CA (Ketua Laboratorium Akuntansi Keuangan dan Perpajakan).
Isnaeni Achdiat yang juga merupakan pakar di bidang Akuntansi yang menguasai perkembangan revolusi industri 4.0 menyampaikan perihal Akuntansi dan Revolusi Industri 4.0: meningkatkan awarness di kalangan akademisi untuk mengembangkan kurikulum yang up to date.


Sementara Agung Nugroho Soedibyo yang juga merupakan pakar di bidang Akuntansi yang menguasai perkembangan kurikulum matakuliah Auditing berdasarkan perkembangan Revolusi Industri 4.0 dengan menggunakan Big Data dan Artificial Intelligence, menyampaikan perihal internalisasi big data dan artificial intelligence pada kurikulum mata kuliah core Akuntansi.
Dalam kesempatan ini, Yeney Widya dan Syaiful Iqbal yang merupakan dosen Akuntansi di FEB UB juga menyampaikan terkait Student Center Learning (SCL) sebagai terobosan proses pembelajaran di era RI 4.0 dan pemanfaatan laboratorium Akuntansi dalam menginternalisasi perkembangan RI 4.0.
Dengan adanya seminar ini, diharapkan dosen dan otoritas Jurusan/Departemen Akuntansi dapat segera melakukan adaptasi Revolusi Industri 4.0 kedalam kurikulum pendidikan dan pembelajaran Jurusan Akuntansi, khususnya di FEB UB.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Leave a Reply