SHARIA ECONOMICS EVENT SOUTH EAST ASIA

Welcoming New Family KMK FEB UB SANTO BONFILIO 2015
12 August 2015
JADWAL KULIAH MATRIKULASI SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2015/ 2016
12 August 2015

Ekonomi islam yang kaya dengan intrumennya dan telah menjadi salah satu pemain dalam menentukan wajah perekonomian dunia, memiliki potensi yang besar dalam ikut serta terhadap pembangunan berkelanjutan di asia tenggara ini. Hal ini diperkuat dengan peningkatan populasi muslim yang tiap tahun tumbuh rata-rata sebesar 1,5%. Jumlah muslim dunia saat ini adalah sebanyak 1,6 miliar (Pew Research centre  of the future of global muslim population, 2011) yang mana sebesar 1,005 miliar atau setara dengan 62,1 % bermukim di asia tenggara dan asia selatan. Dengan didorong oleh perkembangan aset, instumen dan industri keuangan Islam, maka semakin besar muncul potensi dalam mengambil posisi di percaturan ekonomi asia tenggara dan global.

Pembangunan berkelanjutan sederhananya adalah suatu proses tahapan yang tujuannya terletak pada pewujudan  kemandirian dan kesejahteraan ekonomi  Asia tenggara. Untuk mewujudkannya perlu ada sinergitas yang real antar pelaku ekonomi yang ada. Dalam segala model dan usaha dalam proses pembangunan berkelanjutan diperlukan adanya keseimbangan dan penyelarasan antara dua sektor utama yang dasar, yaitu sektor riil dan sektor keuangan. Sektor-sektor utama dalam upaya pembangunan berkelanjutan di Asia tenggara meliputi sektor agraris, maritim, pendidikan dan kesehatan, sosial dan budaya harus di tingkatkan ketersediaannya dan diolah sebagaimana untuk kepentingan masyarakat. Pengelolaan dalam rangka peningkatan sektor riil tadi tentu dibarengi dengan peningkatan sektor keuangan, yang dalam hal ini adalah keuangan Islam. Dengan demikian peran pihak pemangku kepentingan baik regulator yang dalam hal ini adalah pemerintah, Praktisi keuangan dan pelaku UMKM sangatlah penting.

Peran dan sinergitas yang tercipta antar para pemangku kebijakan di ekonomi asia tenggara ini dapat diwujudkan melalui penyiapan Sumber daya insani yang handal melalui proses seleksi penerimaan dengan skala kualifikasi yang memadai, pelatihan oleh trainer berpengalaman, dan tentunya penanaman nilai-nilai islam yang murni sesuai Al-Qur’an dan As-sunnah. Hal lain yang perlu dipersiapkan juga adalah inovasi produk-produk keuangan syariah di negara-negara di Asia tenggara sehingga mampu dalam menyanggupi berbagai permintaan kebutuhan modal dalam optimalisasi sektor-sektor potensial yang dimiliki.

Berdasarkan pada potensi pemeluk islam, kondisi geografis, sosial budaya dan spesifiknya yaitu perkembangan ekonomi Islam dalam wujud lembaga keuangan Islam maka, sejatinya ini adalah suatu peluang besar yang dapat dimaksimalkan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di asia tenggara. Peluang besar ini dapat dijadikan alat untuk lebih mendayagunakan potensi sektor-sektor penting di asia tenggara dalam mewujudkan asia tenggara yang mandiri dan sejahtera. Pembangunan berkelanjutan ini tentu berada dalam perjalanan waktu yang melewati tahap demi tahap, jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka panjang dari pembangunan berkelanjutan ini perlu sebuah target besar dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan islam di asia tenggara. Target besar itu adalah dengan menjadikan asia tenggara sebagai percontohan dan pusat ekonomi dan keuangan islam di Asia.

TemaKegiatan

THE ROLE OF ISLAMIC ECONOMICS FOR SUSTANAIBLE DEVELOPMENT IN SOUTH EAST ASIA”

TujuanKegiatan

  • Memperkenalkan dan menanamkan pemahaman yang mendalam mengenai Ekonomi Islam kepada mahasiswa pada khususnya dan masyarakat yang berminat pada umumnya.
  • Memperkenalkan dan menanamkan pemahaman yang mendalam mengenai penguatan kelembagaankepada mahasiswa pada khususnya dan masyarakat yang berminat pada umumnya.
  • Sebagai wahana bagi mahasiswa dan masyarakat untuk meraih ilmu seluas-luasnya.
  • Membentuk idealisme mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam kedudukannya sebagai agent of change dengan menjadikan sistem Ekonomi Islam sebagai suatu solusi konkrit dalam perbaikan perekonomian bangsa.

Pelaksanaan Kegiatan

Call for Paper

Tempat                        : RuangSidangUtama FEB UB

Hari/Tanggal               : Sabtu , 24 Oktober  2015

ASEAN International Seminar

Tempat                        : GedungWidyalokaUniversitasBrawijaya

Hari/tanggal                : Minggu, 25 Oktober 2015

Waktu                         : 07.30 – 15.00

Bazar Expo

Tempat                        : GedungWidyalokaUniversitasBrawijaya

Hari/Tanggal               : Minggu, 25 Oktober 2015

Waktu                         : 07.30 – 15.00

NamadanAlamatKontak

KetuaPelaksana           : M. DawamZikrillah 08974837199

CP Humas                   : Suherman 085656158309

Pelaksana       : CIES FEB UB