Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing

Dosen Berkarya FEB UB Gandeng BI, Tingkatkan Literasi Keuangan dengan Digital Mindset
15 November 2021
Implementasi PSAP 13 dan Penyusunan Skema Pelaksanaan Keuangan pada RSUD Dr. ISKAK Tulungagung
24 November 2021

Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing:Pemikiran 100 Ekonom Indonesia

Masa pandemi yang penuh tantangan ini memerlukan kolaborasi antar aktor untuk menghasilkan analisa yang komprehensif dan rekomendasi kebijakan yang ampuh memulihkan serta memperkuat ekonomi Indonesia. Editor teringat sekaligus berharap pada Sadl’s Law on Indonesian Economic Policy dimana Prof M. Sadli sebagai ekonom senior Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing |v yang pernah menjabat sebagai Menteri Tambang dan Energi menyatakan bahwa “Good times give rise to lazy populis economic policies while crisis times produce good policies.

Buku ini adalah upaya mengumpulkan good policies dan good solutions yang terserak di kepala para akademis, pemerintah, profesional di swasta/BUMN, lembaga swadaya masyarakat, pengusaha Indonesia. Beberapa di antara artikel di buku ini sudah pernah disampaikan idenya di artikel koran, ruang seminar atau jurnal ilmiah, tapi dengan dikumpulkan dalam satu buku maka editor berharap bahwa pemikiran dan solusi lebih mudah di akses dan saling mengisi sehingga lebih panjang masa relevansinya.

Buku ini disusun untuk menjawab beberapa permasalahan besar ekonomi Indonesia sehingga dibagi menjadi tujuh kluster yaitu: (1) Transformasi Struktural; (2) SDM, Tenaga Kerja, Kemiskinan dan Jaminan Sosial, (3) Energi, Infrastruktur, Perhubungan dan Perumahan; (4) Public Finance, Otonomi Daerah, Birokrasi dan Institusi; (5) Industri, Perdagangan, BUMN, UMKM dan Daya Saing; (6) Moneter, Keuangan, Pasar Modal dan Sektor Jasa; (7) Pertanian, Kelautan dan Lingkungan Hidup

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)