Workshop by Morita Hiroshi: Founder of Nano Film and Coat Laboratory LLC, Jepang

2019 ESF National Equilibrium Conference (NEC)
11 August 2019
Download Materi ORDIK FEB UB 2019
12 August 2019

Dengan kondisi pertumbuhan ekonomi dunia yang relatif melambat dewasa ini, setiap pelaku bisnis dituntut untuk mampu menyusun strategi manajemen agar keberlanjutan bisnis korporasi tetap terjamin. Melihat begitu pentingnya isu tersebut, sejak tanggal 5-8 Agustus 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEBUB) bekerjasama dengan lembaga penelitian ASMAT telah mengadakan workshop internasional bertemakan “Logic for Management Strategy“. Sebagai salah satu kegiatan akademik diawal semester ganjil tahun 2019-2020, kegiatan ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami lebih detil tentang “Logic for management strategy” dan aplikasinya di dunia bisnis. Mr. Morita Hiroshi, selaku founder dari Nano Film and Coat Laboratory LLC yang fokus pada industri metal, menyampaikan sebuah konsep yang telah dia terapkan selama menjalankan profesinya di perusahaan Mitsubishi Material Corporation diawal kariernya hingga membangun perusahaan Nano Film and Coat Laboratory LLC.

Melalui cara penyampaian materi yang santai, ceria dan penuh senyum, namun sangat mendalam dan detail, Morita (lulusan Keio University di tahun 1970) telah mampu menggugah antusias para peserta workshop. Mereka pun tak merasa kelelahan atau bosan dengan materi yang disampaikan selama 4 jam setiap harinya. Kedetailan materi yang disampaikan pantas mendapat bintang lima, karena Mr. Morita telah menjelaskan semua materi workshop dengan sangat baik, yakni mulai dari dasar hingga aplikasinya dengan disertai studi kasus dalam setiap pokok bahasan. Studi kasus yang diberikan sangatlah tidak biasa, diawali dengan strategi manajemen dari AKB48 dan beberapa airlines di dunia. Detail penjelasan ini didukung dengan kayanya pengalaman Mr. Morita tentang manajemen selama beliau bekerja, baik di Mitsubishi group maupun di Morino Industries Co., Ltd.

Selama pelaksanaan workshop, ketepatan waktu dari panitia patut diajungi jempol karena dari mulai pembukaan, penjelasan tiap sesi materi, coffee break, dan closing statement tiap harinya berjalan lancar sesuai target waktu yang telah direncanakan. Namun, pemateri dan peserta tidak kendor semangatnya mengikuti workshop ini. Hal ini dikarenakan spirit yang ditularkan Mr. Morita yaitu “I don’t want to success just for my life, but for the future and the next generation”. Peserta lain pun mendapatkan semangat baru dari visi hidup Mr. Morita yaitu “bagikan ilmu ke banyak orang dan buat semuanya jadi tahu akan sesuatu, itulah kebahagiaan yang sesungguhnya”. Pada akhir sesi workshop, seluruh peserta yang mendapatkan banyak ilmu tentang strategi manajemen dan spirit positif dari Morita, memberikan respon yang sangat baik atas kegiatan workshop tersebut dan berharap agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan minimal satu kali dalam satu semester dengan pemateri yang sama kualitasnya dengan Mr. Morita Hiroshi.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Leave a Reply