Doktor Baru: Serlin Serang

Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Periode II Tahun Akademik 2011/2012
1 November 2011
Pelatihan Pajak Terapan Brevet A & B Terpadu
3 November 2011

Just in time (JIT) adalah pendekatan terintegrasi , yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan menfasilitas ketepatan waktu dalam suplai, produksi dan delivery. Sistem JIT (JIT pembelian, JIT produksi dan JIT penjualan) yang diharapkan dengan baik akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja operasional dan kinerja perusahaan. Kajian empiris sebelumnya tentang sistem JIT pada umunya mengkaji hubungan antara sistem JIT terhadap berbagai ukuran kinerja perusahaan. Kajian empiris sbelumya tentang sistem JIT pada umumnya mengkaji hubungan antara sistem JIT terhadap berbagai ukuran kinerja. Penelitian yang menghubungkan antara sistem JIT terhadap kinerja perusahaan dengan memasukkan variabel kinerja operasional masih perlu dikaji lebih jauh untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang hubungan anata kinerja operasional terhadap kinerja perusahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Serlin Serang dalam penelitiannya yang berjudul “Implementasi Just In Time dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Operasional dan Kinerja Perusahaan Manufaktur di Kota Makassar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi JIT (JIT pembelian, JIT produksi dan JIT penjualan) terhadap kinerja operasional dan kinerja perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi JIT pembelian dan JIT penjualan yang baik dapat meningkatkan kinerja operasional dan kinerja perusahaan. Meskipun JIT produksi secara langsung tidak memiliki pengaruh yang nyata terhadap kinerja perusahaan akan tetapi JIT produksi mampu meningkatkan kinerja perusahaan melalui kinerja operasional. Jadi JIT produksi akan mempunyai makna yang lebih baik ketika perusahaan mampu meningkatkan kinerja operasional sebai wujud dari penerapan JIT produksi yang semakin baik.

Serlin Serang mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pada ujian disertasi yang berlangsung secara tertutup di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Selasa (24/10). Disertasi ini dipromotori oleh Prof. Dr. Surachman, SE., M.SIE (Promotor), Prof. Dr. Djumilah Zain, SE., (Ko-Promotor), dan Dr. Djumahir, SE., MM (Ko-Promotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Dr. Mintarti Rahayu, SE., MM (Penguji 1), Dr. Ir. Fuad Achmadi, MSME (Penguji 2), Ir. Purnomo Budi Santoso, MSc., Ph.D (Penguji 3), dan Prof. Dr. Ir. Budidantoso Wirjodirjo, M.Eg.

Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan tim Dosen Penguji, Serlin Serang dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Manajemen.
(nug/ yb)

Tinggalkan Balasan