UPCOMING EVENTS

MBKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Permendikbud No 3 Tahun 2020. Dalam Kebijakan ini mahasiswa diberi Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi. Landasan hukum pelaksanaan program kebijakan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi di Universitas Brawijaya.

Slide 1
8 Skema
Program MBKM

Pertukaran Pelajar
Magang/Praktik Kerja
Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

MBKM DESA CEMARA (Cerdas, Mandiri, Sejahtera) KEMENTERIAN PPN/Bappenas

    Desa Cemara sendiri menggandeng para generasi-generasi penerus bangsa melalui kerjasama lintas sektor dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Adapun perluasan kerjasama Desa Cemara dengan perguruan tinggi lainnya diharapkan dapat mendukung pembangunan desa yang inklusif. Mahasiswa/i berperan sebagai aktor kolaboratif yang memanfaatkan ragam data dari Sepakat untuk nantinya dijadikan sebagai basis analisis permasalahan dan penyusunan program intervensi di desa.
    Program Desa Cemara dapat mendukung dan didukung oleh Program MBKM. Program MBKM Desa Cemara dapat menjadi paket kurikulum bagi mahasiswa/i untuk melakukan proses pembelajaran di luar kampus dan belajar di lapangan bersama dengan para masyarakat. Keterlibatan perguruan tinggi membuka peluang yang besar untuk menghasilkan penelitian, karya dan inovasi, termasuk mengimplementasikan konsep dan gagasan intervensi kolaboratif.

Informasi MBKM

8 SKEMA MBKM

Scroll to Top