Kegiatan IDC (Indonesian Debating Competition)

Evaluasi Kinerja KMFEB UB
12 September 2017
Here I Stand to be Young Changer
12 September 2017

Kegiatan Indonesian Debating Competition merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali. Kegiatan ini dimulai dengan diadakannya seleksi melalui essay yang dibuat oleh peserta. Tema besar essay yang diajukan adalah “Intensifying Resources Development to Accomplish Sustainable Economic’s Welfare”. Dengan beberapa subtema :

  1. Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia dalam Negeri untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
  2. Peranan Pemerintahan Indonesia dalam Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia di Era Perdagangan Bebas di Asia

Tim FEB UB yang terdiri atas Elisheba Pupitaputri, Yulia Indiani, dan Nauval Fais yang berasal dari Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB mengajukan essay yang berjudul Pencetakan SDM Unggul dan Terampil untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Hal ini didasari fakta yang melihat potensi sumber daya manusia sangat besar di Indonesia. Apalagi bonus demografi yang akan diterima Indonesia beberapa tahun kedepan akan membuat negara ini menjadi lebih diperhitungkan. Namun beberapa upaya dari pemerintah untuk meningkatkannya sangatlah rendah. Oleh karena itu muncul beberapa solusi untuk memberdayakan program yang sudah ada. Misalnya saja optimalisasi balai latihan kerja. Saat peningkatan kualitas melalui pendidikan dirasa sulit dan memakan waktu dan biaya yang besar, pelatihan adalah solusinya.

            Tim dari FEB UB baru mengirimkan softcopy dari karya tepat pada hari terakhir pengumpulan. Awalnya tim FEB UB sempat merasa ragu dan pesimis melihat banyaknya peserta yang sudah lama mengikuti debat. Hal ini sangat berbeda bagi tim FEB UB yang baru mencoba debat beberapa bulan terakhir ini. Saat pengumuman bahan debat pada 17 September juga tim FEB UB hanya membaca sekilas dan melakukan pembahasan yang tidak mendalam. Saat pengumuman finalis pada 24 Juli ternyata tim tim FEB UB lolos menjadi finalis. Tim FEB UB tentunya sangat senang.

       Tim FEB UB langsung melakukan berbagai persiapan diantaranya adalah membagi tugas. Beberapa tugas yang harus tim FEB UB kerjakan adalah menghubungi panitia untuk melakukan konfirmasi kehadiran dan mencari alternatif termurah dan termudah dalam hal akomodasi. Tugas selanjutnya adalah melakukan persiapan bahan debat yang sudah dibagikan panitia beberapa waktu yang lalu. Dan tugas terakhir adalah melakukan latihan secara intensif bersama beberapa teman yang sudah ahli untuk meningkatkan kemampuan tim FEB UB.

Tinggalkan Balasan