IDC (Indonesian Debating Competition)

LATIHAN ALAM 2017
12 October 2017
Jurusan Ilmu Ekonomi Upayakan Tumbuhnya Jiwa Wirausaha Mahasiswa
13 October 2017

Kegiatan Indonesian Debating Competition merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali. Kegiatan ini dimulai dengan diadakannya seleksi melalui essay yang dibuat oleh peserta. Tema besar essay yang diajukan adalah “Intensifying Resources Development to Accomplish Sustainable Economic’s Welfare”. Dengan beberapa subtema :

  1. Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia dalam Negeri untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
  2. Peranan Pemerintahan Indonesia dalam Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia di Era Perdagangan Bebas di Asia

Pada Selasa tanggal 1 Agustus 2017 kami melakukan technical meeting di Universitas Udayana. Selain perkenalan dari panitia, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memperjelas mekanisme debat yang akan dilakukan keesokan harinya. Pada Rabu, 2 Agustus kami melakukan kompetisi dengan lawan pertama dari Universitas Jember. Pada ronde pertama ini kami mengalami kekalahan, namun kami tetap semangat.  Pada ronde kedua kami melawan Universitas Lambung Mangkurat dan akhirnya kami mengalami kemenangan. Pada ronde ketiga atau terakhir, kami bertemu dengan Universitas Presiden dan sayangnya kami melakukan kekalahan sekali lagi. Namun berkat performa dari masing-masing individu kamu cukup prima kami berhasil lolos ke babak perempat final.

            Babak perempat final dimulai pada tanggal 3 Agustus 2017. Lawan pertama kami langsung bertemu dengan Universitas Indonesia yang memimpin poin pada saat babak penyisihan. Namun untungnya kami berhasil menang dan lanjut ke babak semifinal. Di semifinal ini kami bertemu dengan tim Universitas Indonesia dan lain dan sayangnya kami mengalami kegagalan. Pada saat kami memperebutkan juara ketiga melawan Universitas Gajahmada, tim kami kembali mengalami kekalahan karena sudah kehabisan energo saat menghadapi tim Universitas Indonesia berturut-turut. Setelah selesai acara kami langsung mempersiapkan pulang karena tidak mengikuti akomodasi dari panitia dikarenakan  ketersediaan dana yang kurang.

Namun banyak pengalaman berharga yang bisa tim kami dapatkan didalam kompetisi ini. Diantaranya adalah bagaimana tim kami bisa bekerja sama dibawah tekanan saat studi kasus sedang berlangsung. Dan juga banyak kosakata baru dalam debat yang kami baru mengetahuinya dari delegasi delegasi universitas yang lain. Teruntuk kami, debat bukanlah hanya asal berbicara, namun debat adalah sebuah ilmu berkomunikasi yang harus mengunakan logika, baik buruknya fakta, dan juga realistis dalam menyampaikan argument atau pola pikir. Dan akhirnya kami tau karena kita terlalu menggunakan pola pikir yang banyak kekurangannya oleh karenanya kita semua butuh Tuhan. Meskipun setiap orang memiliki agama yang berbeda namun agama ada tidak untuk diperdebatkan.

Tinggalkan Balasan