<!–:id–>Fasilitasi Mahasiswa, PDIM Selenggarakan Seminar Penelitian<!–:–>

<!–:en–>HMJA: Accounting Discussion<!–:–><!–:id–>HMJA: Diskusi Akuntansi<!–:–>
13 April 2015
<!–:en–>Focus Grup Discussion "Hasil Audit Internal Mutu (AIM) dan Action Plans"<!–:–><!–:id–>Focus Grup Discussion "Hasil Audit Internal Mutu (AIM) dan Action Plans"<!–:–>
14 April 2015

Senin(13/04) bertempat di ruang sidang utama tepatnya di gedung dekanat lantai satu, Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) kembali menyelenggarakan ”Seminar Penelitian Kualitatif”. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan jiwa yang tidak hanya mampu berpikir secara deduktif akan tetapi juga induktif. Sehingga nantinya mampu menghasilkan penelitian yang berkualitas serta otentik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pembicara pada kegiatan tersebut ialah Prof. Dr. Hariyono M.Pd beliau merupakan Wakil Rektor bidang akademik Universitas Negeri Malang (UM). Dalam kesempatan tersebut beliau menuturkan bahwasannya penelitian merupakan suatu kegiatan yang mengasyikkan terutama penelitian kualitatif karena penelitian ini menuntut para penelitinya untuk tidak hanya banyak membaca literatur yang telah ada akan tetapi juga menuntut untuk peka terhadap situasi dan kodisi suatu objek yang akan dijadikan bahan penelitian.

Faktanya beberapa orang telah terjebak dalam mitos lama tentang penelitian diantaranya bahwa penilitian itu sulit, penelitian itu memerlukan biaya besar bahkan beranggapan bahwa penelitian itu memerlukan waktu yang lama. Padahal anggapan serta mitos tersebut dapat dipatahkan dengan rasa keingintahuan yang mendalam terhadap suatu objek sehingga memunculkan beragam pertanyaan yang ada dibenak kita dan menjadikannya sebagai langkah awal dalam penelitian.

Namun tidak semua realitas dapat dijadikan sebagai objek penelitian, para peneliti dituntut untuk mampu mencari masalah menarik dan berperan besar dalam kehidupan di dunia ini dan juga mampu mencari sumber informasi terkait secara otentik. Pada dasarnya dalam penelitian kualitatif tidak hanya mengarahkan para peneliti untuk berhenti sampai pada pendeskripsian suatu objek semata akan tetapi juga menuntut agar berusaha mentransformasikan suatu makna. (feb/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan