TRANSFORMER 2018: Pengenalan Akan Lingkungan Jurusan Ilmu Ekonomi

Mahasiswa FEB UB Berdayakan Kaum Difabel Melalui Gerakan Difabel Movement : Metamorphose Home
31 July 2018
Download Materi ORDIK 2018
13 August 2018
sumber : Panitia Transformer 2018

MALANG – Pengenalan lingkungan kehidupan kampus yang ada di lingkungan Universitas Brawijaya tidak hanya terpusat pada kegiatan tingkat kampus maupun tingkat fakultas. Dalam lingkup yang paling kecil,  jurusan akan lebih sering ditemui oleh para mahasiswa ketika ingin menuntaskan urusan akademik. Oleh karena itu, adanya ospek yang ada ditingkat jurusan, akan membantu mahasiswa baru dalam mengenal lebih detail mengenai jurusannya.

Transformer telah dikenal bertahun-tahun sebagai nama resmi dari kegiatan ospek yang ada di jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB.  Merupakan akronim dari Transition of New Student for Maximizing Economic Role, yang berarti masa transisi bagi mahasiswa baru guna memaksimalkan peranannya dalam lingkup ekonomi. Tetapi untuk tahun 2018 ini, panitia ospek yang dipimpin oleh Salman Baqi (IE 2016) sebagai ketua pelaksana dan Roby A. Zamora (IE 2016) sebagai koordinator acara, menjelaskan akan ada lima nilai utama yang dibawa oleh Transformer. Kelima nilai itu ialah Religius, Prestatif, Berwawasan, Etika, dan Peduli. Salah satu perwujuan dari lima nilai tersebut ialah akan diselenggarakannya mass movement yang bertujuan untuk melatih kepedulian mahasiswa baru akan jurusannya. Bentuk kegiatan ini nantinya akan berupa operasi semut dimana para mahasiswa baru akan bersama-sama membersihkan lingkungan jurusan dan fakultas.

Menurut Roby, adanya ospek jurusan ini akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam kepada para mahasiswa baru mengenai jurusan Ilmu Ekonomi. “Karena,menurutku adanya ospek jurusan ini akan lebih menjelaskan apa yang tidak disampaikan di ospek fakultas. Karena ospek fakultas sifatnya pengenalan secara makro. Sedangkan kami akan lebih bersifat mikro dan spesifik pada jurusan IE”, terang Roby. Selain untuk mengenalkan jurusan, Transformers juga memberikan suntikan semangat dan kebanggan mahasiswa baru atas jurusan IE. “ Ya salah satunya kami akan mengundang kakak tingkat yang punya sifat ABC (Aktif, Berprestasi, Cumlaude) sebagai pemateri kami”, ujar Roby.

Selain itu Salman dan Roby juga mempunyai harapan bagi mahasiswa baru nantinya. “Harapan saya, nanti apabila sudah mengikuti rangkaian ospek, nilai-nilai yang kami bawa itu bisa diterapkan oleh mahasiswa baru di kehidupan sehari-hari mereka”, ujar Salman. Senanda dengan Salman, Roby juga berharap nilai-nilai Transformers pada tahun ini juga diterapkan juga oleh panitia. “Ya karena panitia, juga harus memberi contoh yang baik bagi adik-adiknya”, ujar Roby.

Arvin Sujitno
Arvin Sujitno
Student in Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan