Kerjasama FEB UB dengan Bank BRI

Klinik Bisnis, Penunjang kegiatan Bisnis Mahasiswa di FEB UB
26 April 2014
PT PELINDO III TANJUNG PERAK BEKERJASAMA DENGAN FEB MENGADAKAN PELATIHAN UMKM DI SWISS BEL-INN HOTEL MALANG
29 April 2014

FEB UB terus berusaha menjalin hubungan dengan pihak eksternal kampus dalam rangka memfasilitasi mahasiswa FEB UB, kerjasama FEB UB dengan BRI dalam perekrutan mahasiswa FEB UB menjadi tenaga kerja BRI area Jawa Timur kembali akan melakukan perekrutan angkatan kedua, Kerjasama FEB UB dengan BRI sudah sering dilakukan, dalam beberapa kegiatan FEB UB BRI banyak ikut andil memberikan dukungan, beberapa dukungan yang diberikan oleh BRI diantaranya kerjasama pemberian sponsor, dan yang baru-baru ini adalah pemberian CSR (Corporate Social Responsibility) BRI sebesar lebih kurang 6 miliar rupiah guna membantu pembangunan gedung baru FEB UB.

Pada angkatan pertama, jumlah mahasiswa yang direkrut oleh BRI sebanyak 30 orang. Perekrutan diangkatan pertama didominasi oleh mahasiswa akuntansi, jumlah dan kapan akan dibukanya perekrutan tenaga kerja ini disesuaikan dengan kebutuhan BRI Jawa Timur akan tenaga kerja pada posisi-posisi yang telah ditentukan. Setiap akan dilaksanakan perekrutan pihak fakultas akan memberikan pengumuman kepada mahasiswa. Mahasiswa yang belum lulus dalam artian sedang menjalankan skripsi dengan catatan Bab IV sudah mendapatkan acc diperkenankan untuk mendafatar.

Kerjasama FEB UB dengan BRI ini adalah model kerjasama perekrutan tenaga kerja pertama di Indonesia. Meskipun memiliki kesempatan besar, mahasiswa FEB UB harus mengikuti beberapa seleksi untuk dapat diterima sebagai tenaga kerja BRI area Jawa Timur. Indikator penilaian yang pertama dalam perekrutan ini adalah IPK. Setelah penilaian IPK, beberapa mahasiswa yang lolos akan melakukan tes psikotes. Mahasiswa yang lolos tes psikotes akan melanjutkan tes wawancara. Tiga puluh mahasiswa angkatan pertama yang lolos  perekrutan BRI merata dari Jurusan Akuntansi, Manajemen, maupun Ilmu Ekonomi. Semua mahasiswa FEB UB memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengikuti seleksi ini.

Seleksi dan pembinaan mahasiswa yang lolos dilaksanakan di FEB UB, mahasiswa yang lolos sampai tahap wawancara selanjutnya akan mendapatkan pelatihan selama 3 bulan. Kurang lebih selama 2 bulan awal mahasiswa akan mendapatkan pelatihan seperti perkuliahan yang mana kurikulumnya disesuaikan dengan kurikulum BRI. Kegiatan perkuliahan tersebut dilaksanakan setiap hari Senin-Jum’at pukul 08.00-17.00. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di FEB UB dengan bantuan beberapa dosen FEB UB dan Fakultas lain yang ikut serta mengajar di beberapa mata kuliah.

Pada pelatihan angkatan pertama dosen FEB UB ikut serta dalam pengajaran mata kuliah Analisis Lporan Keuangan dan Kredit Mikro, selain itu pihak Fakultas juga meminta bantuan dosen FH untuk menyampaiakan mata kuliah Hukum Perkreditan. Setelah training ini, lebih kurang selama 1 bulan calon tenaga kerja baru BRI ini akan mengikuti on the job training di cabang-cabang BRI di Jawa Timur.

Perekrutan kedua program ini akan dilaksanakan pada Mei 2014. Pengumunan selanjutnya akan diinformasikan oleh Fakultas. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu jenjang karir mahasiswa. (hdn/azh)

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan