Kuliah Tamu oleh Branch Head “Krisbow”

Penganugerahan Penghargaan bagi Keluarga Besar FEB
8 May 2013
Jurusan Akuntansi FEB UB Terbaik Kedua Di Indonesia Versi QS World University Rankings
15 May 2013

Untuk kesekian kalinya mahasiswa FEB(Fakultas Ekonomi dan Bisnis) mendapatkan kuliah tamu dari perwakilan perusahaan, bedanya kali ini pematerinya merupakan perwakilan dari Krisbow. Salah satu perusahaan termkemuka di Indonesia. Beliau adalah Basye Oktavinanta, SE. seorang Branch head Krisbow (PT. Kawan Lama Sejahtera) area Kediri dan sekitarnya. Pada hari Selasa (14/5) tepatnya kuliah tamu ini berlangsung di Aula Gedung D FEB. Materi yang diusung dalam kuliah tamu kali ini adalah mengenai marketing, tentunya materi ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta kuliah tamu yang didominasi oleh mahasiswa jurusan Manajemen.

Kuliah tamu diawali dengan sambutan dari Sekretaris Jurusan Manajemen FEB, yakni Misbahudin Azzuhri, SE., MM.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada pemateri, karena telah bersedia untuk berbagi pengalamannya di dunia kerja kepada para adik tingkatnya. Basye Oktavinanta, SE. sendiri merupakan alumni dari jurusan Manajemen FEB tahun angkatan 2000. Acara dilanjutkan oleh moderator mengawali penyampaian materi. “Indonesia memiliki perusahaan yang bereputasi dunia, namun masyarakat Indonesia kurang mengetahui.” komentar Yusuf Risanto, SE., MM. selaku moderator dalam kuliah tamu ini. Salah satu perusahaan tersebut adalah Krisbow yang merupakan perusahaan terkemuka dengan beberapa anak perusahaan.

“Marketing adalah ujung tombak suatu perusahaan.” ujar beliau diawal penyampaian materi. Menurut beliau, sebenarnya setiap orang pernah melamar pekerjaan pernah pula melakukan kegiatan marketing. Karena  ketika melamar kerja, berarti mereka telah menawarkan diri mereka untuk bekerja di perusahaan tersebut. Always be a solution of every customer problem merupakan salah satu semboyan beliau di Krisbow. “Jangan hanya menjual barang, namun juga berikan solusi bagi para pelanggan.” tegas beliau. Dengan begitu, kegiatan marketing kita akan maksimal. Selain itu, dalam memaksimalkan penjualan, beliau juga berpesan tentang lima hal yang harus diperhatikan. Yakni: Product, Price, Place, Promotion & People. Masing-masing dari ke lima aspek tersebut memiliki peran yang sama-sama vital dan tidak bisa dianggap remeh. Contohnya Place, ketika kita menjual barang di tempat yang tepat, tentunya kita lebih mudah dijangkau konsumen dan jumlah produk yang terjual pun akan semakin maksimal.

Apabila ditinjau dari customer-nya,marketing dapat dibagi menjadi dua. Yakni Business to Business dan Business to Customer. Tentunya terdapat perbedaan diantara keduanya, karena latar belakang pembelian produknya berbeda. Business to Business membeli produk untuk menjalankan kegiatan usaha mereka, sedangkan Business to Customer membeli untuk digunakan sebagai barang konsumsi. Kemudian yang tidak kalah penting adalah mengenai Customer Service yang akan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Beliau juga berbagi tips mengenai hal ini, 3G+1H yaitu Greeting, Grooming, Gesture & Handling. Greeting berfokus pada salam dan bagaimana seharusnya kita memperlakukan pelanggan, Grooming adalah tentang penampilan kita ketika menemui pelanggan, Gesture adalah bagaimana mimik tubuh kita ketika memperlakukan pelanggan, sedang yang terakhir adalah Handling yakni bagaimana kita dapat menangani pelanggan agar pelanggan tidak kecewa. Usai beliau menyampaikan materi, dilanjutkan dengan  sesi tanya jawab. Setelah itu dilaksakan penyerahan fandel sebagai tanda terima kasih dari FEB kepada Basye Oktavinanta, SE. Branch head Krisbow (PT. Kawan Lama Sejahtera) area Kediri dan sekitarnya. (azm)

 

Tinggalkan Balasan