Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (JAUB) didirikan pada atahun 1977 berdasarkan SK. Direktur Jenderal Pendidikan NO 835/DJ/77. Pada periode kepemimpinan Ketua jurusan yang pertama, JAUB telah secara luas mambangun kerjasama dengan Jurusan Akuntansi PTN terkemuka di Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan beberapa kantor akuntan publik dalam mengembangkan pendidikan yang relevan. Pada tahun 1982 JAUB berhak memberi gelar “Akuntan” bagi lulusannya sesuai dengan UU No. 34/1954. Komitmen terhadap kualitas tercemin pada peresmian Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) pada tahun 1989 oleh Ditjen Dikti. PPA yang disponsori oleh Bank Dunia ini berdiri dengan membawa misi untuk mengembangkan pendidikan akuntansi di Indonesia. Pada periode yang sama, JAUB juga ditunjuk sebagai salah satu dari 6 jurusan akuntan PTN terkemuka yang berhak melaksanakan Ujian Negara Akuntansi (UNA). Pada tahun 1997, JAUB mendapatkan peringkat akreditasi tertinggi yaitu A bintang empat (A****) dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Pada bulan Mei tahun 2004, JAUB kembali memperoleh peringkat akreditasi tertinggi “A” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional RI No: 12/BAN-PT/AK-VII/SI/IV/2004. Terakhir pada Februari 2003, JAUB mendapat ijin resmi untuk melaksanakan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) dari Dirjen Dikti (surat ijin no. 3569/D/T/2002) berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

 

Visi dan Misi

VISI
Menjadi pusat unggulan di bidang pendidikan dan riset akuntansi, dengan berdasarkan pada nilai-nilai profesionalisme dan etika, untuk memberi manfaat yang besar bagi para stakeholders-nya.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akuntansi (S1) yang berkualitas tinggi dan relevan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
  2. Menyelenggarakan riset yang mendukung penyelenggaraan pendidikan akuntansi dan penerapan good governance baik di sektor publik maupun swasta.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pendidikan dan riset.