Devanto Shasta Pratomo, Ph.D. Raih SEAMEO Jasper Research Award 2013

Sherlinda, Mahasiswa IE Berhasil Mendapatkan Full Scholarship di Ciayi Taiwan
14 March 2014
Mahasiswa FEB UB Ikuti Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2014
17 March 2014

Kabar bahagia datang dari Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JIE FEB UB). Salah satu dosen terbaiknya, Devanto Shasta Pratomo, Ph.D. menerima penghargaan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) Jasper Reseach Award 2013 di Bangkok, Thailand.

Dengan tema “Education and Employability”, SEAMEO 2013  yang bekerja sama dengan Pemerintah Canada berupaya memberikan sumbangsih bagi pengembangan ketersediaan dan kesempatan kerja bagi kelompok-kelompok marginal di wilayah Asia Tenggara serta meningkatkan perekonomian di lingkungan regional. “SEAMEO 2013 memberikan penghargaan kepada saya atas penelitian  yang berjudul “Does Post-Migration Education Improve Labour Market Performance?: Findings from Four Cities in Indonesia”. Penelitian ini melihat kemampuan migran di 4 kota besar Indonesia, yaitu Medan, Tangerang, Samarinda, dan Makassar dalam berasimilasi dengan penduduk lokal di pasar tenaga kerja perkotaan”, jelas Devanto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa migran yang memiliki pendidikan yang diperoleh di kota (4 kota besar tersebut) cenderung lebih mudah untuk memasuki pasar kerja di kota dibandingkan dengan migran yang memiliki pendidikan dari daerah asal, (terutama dari perdesaan).

Penghargaan diterima Devanto yang disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan Thailand (H.E. Mr Chaturon Chaisaeng) pada saat pertemuan SEAMEO High Officials Meeting di Bangkok, Thailand pada 18-20 Februari yang lalu. “Untuk penghargaan ini, saya juga akan memperoleh travel grant dari Pemerintah Canada untuk diseminasi tentang penelitian ini ke universitas dan lembaga penelitian di Canada selama 8 hari”, tambahnya. (ris)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan