Doktor Baru: Eka Ananta Sidharta

Media Relation Training
24 April 2011
Eco Defense With Economics 2011
27 April 2011

Dalam bebrapa tahun terakhir, perubahan adalah topik yang paling hangat dibicarakan dan menjadi topik dalam banyak penelitian. Apabila dikaitkan dengan konsep globalisasi maka satu-satunya faktor yang konstan adalah perubahan itu sendiri. Perubahan harus dilakukan agar kelangsungan hidup usaha dapat terjaga. Perubahan dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu internal yang berupa visi, misi, rencana strategis, budaya, struktur, sistem, serta lingkungan dan citra. Salah satu contoh bentuk perubahan organisasi karena faktor eksternal adalah reformasi sektor public.

Hal itu disampaikan oleh Eka Ananta Sidharta dalam penelitiannya yang berjudul “Analisis Fenomenologi Atas Sistem Pengendalian Manajemen Era Privatisasi” Studi Kasus pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk menggali, menganalisa, dan memahami praktek proses SPM PT Semen Gresik (Persero) Tbk, era partner strategis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, proses penggabungan BUMN menjadi Holding Company tidak semudah penggabungan laporan keuangan. Kedua, perubahan paradigma berpikir bahwa visi perusahaan bukan lagi sebagai suatu artifak akan tetapi sebagai sesuatu yang harus dikejar. Ketiga, privatisasi dengan metode partner strategis khususnya perusahaan asing mendatangkan resistensi yang besar di masyarakat Indonesia. Keempat, pengelolaan manajemen yang lebih profesional dibutuhkan dalam pengelolaan BUMN dibandingkan dengan privatisasi. Kesimpulan lain yang dapat ditarik berkaitan dengan teori institutional adalah proses legitimasi dapat terbentuk dengan cara meniru organisasi yang terbukti lebih baik adalah metode yang cocok diterapkan di Indonesia karena sudah ada bukti keberhasilan atas kesuksesan sehingga lebih mudah untuk diterima.

Eka Ananta Sidharta mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut peda ujian disertasi yang berlangsung tertutup di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Disertasi yang dipromotori oleh Prof. Dr. Djumilah Zain, SE (Promotor), Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com (Ko-Promotor), Prof. M. Syafii Idrus, SE., M.Ec., Ph.D (Ko-Promotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Prof. Dr. Taher Al Habsyi (Penguji 1), Prof. Dr. Made Sudarma, SE., MM., Ak (Penguji 2), Dr. Noermijati, SE., MTM (Penguji 3). Setelah mempertahankan disertasinya dihadapan tim Dosen Penguji, Eka Ananta Sidharta dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Manajemen.

(Nug/Yb)