FEB UB Menghadirkan Deputi Gubernur Bank Indonesia Dalam Kuliah Tamu Peran Bank Indonesia Kepada Perekonomian dan Bauran Kebijakannya

Department Advokesma
12 March 2019
Sharing KM 2019
17 March 2019

Ada yang berbeda pada suasana di Gedung F FEB UB pada (12/3) kemarin pagi. Adalah Deputi Gubernur Bank Indonesia Bapak Dody Waluyo yang menjadi tamu sekaligus narasumber dalam kuliah umum Bank Indonesia dengan tema Perekonomian Terkini dan Bauran Kebijakan Bank Indonesia. Kuliah tamu ini sangat penting bagi mahasiswa untuk mengkritisi isu ekonomi terkini. “Sebagai calon ekonom, mahasiswa ekonomi harus mampu menganalisa dan mengkritisi isu ekonomi terkini” kata Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Dr. Muh Khusaini, SE., M.Si. MA.

            Antusias peserta dari kegiatan ini sangat tinggi, sebelum pukul 9.30 peserta sudah melebihi kapasitas dari auditorium. Bahkan beberapa peserta kuliah tamu sampai duduk di selasar untuk mendapatkan kesempatan ikut kuliah tamu ini.

            Sesuai dengan mandat yang ada di Undang-Undang tugas dari Bank Indonesia adalah stabilisasi perekonomian dan nilai rupiah. Pernyataan tersebut juga diamini oleh Bapak Dody Waluyo, “Jika bank bermasalah, lembaga keuangan bermasalah, maka hal tersebut berpengaruh kepada ekonomi moneter Indonesia” ujarnya. Namun terdeapat Trilema Kebijakan Moneter yang menjadi permasalahan setiap bank sentral di dunia.

            Berbicara mengenai ekonomi dunia, pertumbuhan ekonomi dunia mengalami penurunan. Hal ini mengakibatkan suku bunga menjadi lebih tetap, dari sisi likuiditas dana mengalir ke negara berkembang karena suku bunga lebih menarik. Dampak bagi Indonesia adalah penurunan dalam hal ekspor maupun impor.

            Beberapa kebijakan stabilitas ekonomi yang sedang dilakukan Bank Indonesia dalam bauran kebijakan ekonominya antara lain: stabilitas yang akan memberikan multiplier effect bagi sektor lain, peningkatan daya saing dan produktifitas untuk meningkatkan perekonomian, serta sinergi kebijakan antara lembaga pemerintahan.

            Acara diakhiri dengen penyerahan vandel kepada pemateri dan ditutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta kuliah tamu. (fz)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan