<!–:id–>JAMAL: Target Akreditasi Tercapai<!–:–>

FEB UB Jalin Kerja Sama dengan Huazhong University of Science and Technology
25 September 2014
<!–:id–>Tingkatkan Mutu Penelitian, JM FEB UB Mengadakan Workshop International<!–:–>
30 September 2014

JAMAL (Jurrnal Akuntansi Multiparadigma) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JA FEB UB). Wacana sejak tahun 2000 akhirnya terwujud. JAMAL yang sudah dirintis sejak 2010 ini, akhirnya mendapatkan akreditasi di tahun 2014.

Dari berbagai indikator penilaian  JAMAL berhasil mendapatkan skor 75,75. Dengan kata lain, kini JAMAL telah mendapatkan pengakuan akreditasi B dari Dikti. Beberapa indikator dalam penilaian akreditasi jurnal dari Dikti diantaranya substansi, kelembagaan, penyuntingan, tampilan, gaya penulisan, keberkalaan, penyebarluasan, dan juga disinsetif (atau aspek penilaian pengurang).

JAMAL memiliki tujuan dapat menjadi  wadah untuk mengomunikasikan hasil-hasil penelitian konsep dan empiris di bidang akuntansi. Dengan berciri khas multiparadigma tim  JAMAL berharap dapat mengembangkan penelitian akuntansi.

Prof. Iwan Triyuwono menuturkan bahwa dengan ciri khas multiparadigma peneliti tidak hanya dapat melakukan penelitian dalam cakupan pemahaman akuntansi secara formal saja, namun juga akuntansi secara luas yang berkorelasi dengan disiplin ilmu lain. Karena jurnal ini memberikan perhatian yang besar pada pengembangan akuntansi dalam konteks sosial, ekonomi, politik, budaya, dan agama.

“Dalam aspek penelitian akuntansi informal salah satu contohnya akuntansi yang bisa dijadikan bahan penelitian tidak hanya akuntansi yang ada di perusahaan saja. Tetapi akuntansi seperti akuntansi rumah tangga, pedagang kaki lima juga dapat menjadi bahan penelitian”, tegasnya.

Tim JAMAL sangat menghargai pikiran-pikiran “nakal” dan menantang untuk memicu lahirnya inovasi konsep dan praktik akuntansi. Pemikiran lintas paradigma dan dalam paradigma masing-masing sangat memungkinkan untuk melahirkan inovasi. Ini merupakan harapan besar para pengelola JAMAL agar penilitian dibidang akuntansi bisa lebih luas dan inovatif.

Dengan demikian para pengelola berharap JAMAL dapat menjadi jembatan yang  membuka wawasan pendekatan penelitian akuntansi, memberikan inspirasi bagi pengembangan akuntansi, dan mendorong hadirnya konsep dan praktik baru akuntansi dengan topik utama yang tidak terbatas.

Kesulitan akan jumlah artikel yang masuk kini tidak lagi menjadi permasalahan utama JAMAL. Dengan akreditasi  ini JAMAL menjadi lebih dikenal dan dipercaya para penulis untuk menerbitkan karyanya.

Prof. Iwan Triyuwono menuturkan,” Harapan kami akan lebih banyak lagi penulis yang mengirimkan karanya ke JAMAL. Terutama keluarga besar FEB UB.”

Jurnal terbitan JA FEB UB ini,  diterbitkan secara berkala 3 kali 1 tahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Dengan pengiriman naskah paling lambat 1 (satu) bulan sebelum bulan penerbitan (Maret, Juli dan November). (hdn/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan