<!–:id–>Beasiswa Bakti Alumni FEB UB<!–:–><!–:en–>Consecrated FEB UB Alumni Scholarship<!–:–>

FEB UB Tingkatkan Kerja Sama dengan World Bank dan Sejumlah Perguruan Tinggi di Amerika Serikat
1 May 2014
Kuliah Praktisi, Islamic Finance Sukuk
4 May 2014

Alumni FEB UB yang tergabung dalam komunitas alumni memberikan Beasiswa Bakti Alumni kepada mahasiswa FEB UB, kegiatan bakti ini merupakan bentuk kepedulian alumni terhadap mahasiswa berprestasi yang kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa bantuan dana pendidikan sampai Semester 8, komunitas alumni ini terdiri dari Alumni FEB UB angkatan tahun 1995-2005. Dana yang diberikan dihimpun sendiri dari alumni dan bukan bentuk kerjasama dengan perusahaan, Komunitas ini juga didukung oleh IKAFEBRA.

Alumni FEB UB mengharapkan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa benar-benar memenuhi persyaratan yang ada, Bapak Radityo Handrito selaku Pembantu PD II mengatakan; ”Jumlah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tidak harus sesuai kuota yang yang ada, apabila jumlah pendaftar yang memenuhi persyaratan kurang dari kuota maka beasiswa yang dikeluarkan tetap sesuai dengan pendaftar yang memenuhi syarat.” Kuota pemberian beasiswa ditahun pertama ini adalah sebanyak 20 beasiswa.

Persyaratan beasiswa bakti alumni ini terdiri dari IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan transkrip nilai, keaktifan dalam organisasi yang dibuktikan dengan surat keterangan, surat keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan dengan slip gaji, rekening listrik, PDAM atau surat keterangan RT/RW dan prestasi non-akademik yang dibuktikan dengan sertifikat. Selain itu, mahasiswa yang mengajukan beasiswa  diwajibkan menulis esai tematik minimal 1600 kata.

Setelah seleksi administrasi terkait dengan berkas-berkas yang menjadi syarat, mahasiswa yang lolos dalam seleksi administrasi selanjutnya akan melakukan seleksi wawancara. Wawancara ini akan dilakukan oleh pihak FEB UB, profesional, dan dewan komite. Kriteria penilaian dalam wawancara yaitu pemahaman esai, leadership, personality, dan intregritas. Mahasiswa yang lolos dalam seleksi wawancara ini berarti akan mendapatkan beasiswa dana pendidikan atau SPP sampai dengan Semester 8. Beasiswa tidak akan diberikan secara tunai, tetapi langsung dibayarkan pada saat daftar ulang berlangsung.

Mahasiswa yang  berhasil mendapat beasiswa akan mendapatan dua orang mentor dari alumni, Bapak Radityo Handrito mengatakan; “Dua orang mentor alumni nantinya akan menjadi pembimbing mahasiswa.” Mahasiswa yang lolos setiap semester harus melaporkan perkembangan IPK, prestasi dan kegiatan keorganisasiannya. Pihak komite akan mengambil kebijakan atas perkembangan mahasiswa yang bersangkutan.

Setelah lulus, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini nantinya juga akan berkontribusi dalam kegiatan bakti alumni, termasuk didalamnya kegiatan beasiswa bakti alumni. “Harapannya slogan dari, oleh dan untuk FEB ini akan terus berlanjut untuk mahasiswa-mahasiswa angkatan selanjutnya”, tutur Bapak Radityo Handrito.

Pemberian beasiswa bakti alumni ini akan dimulai pada semester ganjil di tahun 2014. Tidak ada batasan angkatan ataupun disemester berapa mahasiswa sedang menempuh pendidikan.”Mahasiswa yang akan lulus pun diperbolehkan untuk mendaftar”, tutur Bapak Radityo Handrito. Pendaftaran beasiswa bakti alumni angkatan pertama akan dimulai pada (1-30/5). Mahasiswa dapat mendaftar di BEM FEB UB atau di Staff PD 3. (hdn/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan