BERITA ACARA

Keseimbangan Primer
26 February 2019
Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) Jatim 2019
27 February 2019

Temu Ilmiah Regional Jawa Timur atau yang disingkat dengan TEMILREG merupakan acara ajang perlombaan ekonomi islam yang diselenggarakan oleh FoSSEI (Forum Silaturrahim Ekonomi Islam) Regional Jawa Timur yang bekerja sama dengan Kelompok Studi Ekonomi Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (SESCOM) dengan berbagai bidang lomba yaitu olimpiade ekonomi Islam, Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam, dan Pitching Competition Ekonomi Islam. Acara ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa yang aktif dalam Kelompok Studi Ekonomi Islam se regional Jawa Timur. TEMILREG Jawa Timur dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Februari 2019. Berbagai kegiatan yang akan dislenggarakan dalam rangkaian acara tersebut. Mulai dari seminar nasional, olimpiade ekonomi, pitching competition, lomba karya tulis ilmiah, forum group discussion, dan talk show srikandi. TEMILREG sebagai agenda rutinan tahunan FoSSEI yang diselenggarakan guna mempererat hubungan antar KSEI dari berbagai kampus di Jawa Timur, sekaligus merupakan pembuktian kualitas keilmuan setiap insan ekonom rabbani. Dalam acara ini mengangkat tema yaitu “Strengthenig Halal Industry Through Increasing Islamic Financial Literacy in Digital Era”.

            Pada bidang olimpiade dalam penyeleksiaanya ada tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu babak penyisihan. Dalam babak penyisihan peserta olimpiade mengerjakan soal – soal yang telah diberikan oleh pihak panitia secara online. Peserta akan dipilih 10 besar untuk mengikuti babak semifinal. Pada babak semifinal bentuk kompetisinya dengan cara debat ekonomi islam. Kemudian diseleksi menjadi 5 besar untuk mengikuti tahap ketiga yaitu babak final. Pada babak final peserta akan berkompetisi dengan diberikan study case dan kemudian dipresentasikan untuk menentukan juaranya.

            Pada bidang karya tulis ilmiah dan pitching competition terdapat 2 tahapan penyeleksian. Tahap pertama yaitu babak penyisihan yang telah dilakukan secara online dengan mengirmkan full paper maupun proposal. Kemudian diseleksi menjadi 10 tim yang akan melanjutkan ke babak semifinal. Pada babak semifinal peserta melakukan presentasi dengan media power point yang nanti nya diseleksi menjadi 5 tim untuk masuk ke babak final. Pada babak final peserta akan diberi study case dan diperintahkan untuk dikerjakan pada saat itu juga dengan menggunakan media power point yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian hasil pengerjaan tersebut dipresentasikan dihadapan juri untuk diseleksi menjadi 3 juara.

            Selain acara ajang lomba, kegiatan yang lainnya yaitu seminar nasional yang diselenggarakan oleh pihak panitia TEMILREG serta ada Focus Group Discussion yang akan dihadiri oleh para Badan Pengurus Harian FoSSEI Jawa Timur dengan tujuan sharing – sharing terkait permasalahan ekonomi Islam. Kemudian ada juga kegiatan dalam bentuk Talk Show Srikandi. Pada kegiatan tersebut khususnya peserta yang perempuan diwajibkan untuk mengikuti acara ini. Karena kegiatan ini akan membahas terkait hal – hal yang berurusan dengan wanita. Kegiatan ini bertujuan untuk saling merekatkan sesama peserta di berbagai KSEI di Jawa Timur.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan