call for paper delegation 8th National ECCENT UNAIR SURABAYA

SPARKLING ECORA 2015 Economics and Business Dance Club
6 July 2015
WINNER 3 of the National Scientific Writing Contest 2015 Event Economic Airlangga University
8 July 2015

Perekonomian Indonesia mengalami goncangan sejak adanya krisis moneter yang terjadi pada pertengahan tahun 1997 yang menimbulkan dampak yang luas dan mempengaruhi hampir seluruh sendi perekonomian nasional. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mampu mengatasi hal tersebut. Potensi sumber daya alam di sektor industri merupakan salah satunya, sektor ini yang mampu memberikan nilai tambah dan sumbangan bagi pertumbuhan Product Domestic Bruto (PDB) 20,65%. Pertumbuhan ini terjadi pada seluruh sektor ekonomi. Kebijakan stimulus fiskal merupakan salah satu kebijakan yang akan membantu kinerja perekonomian sehingga dapat mendorong kinerja Industri nasional. Sektor industri memang menyumbang PDB terbesar, tetapi sejak 2005 pertumbuhan sektor ini cenderung melambat. Bahkan pertumbuhannya berada di bawah pertumbuhan ekonomi.

Kementerian Perindustrian menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2013 mengalami sedikit perlambatan. Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi nasional selama triwulan III 2013 mencapai 5,83 persen, lebih rendah dari pertumbuhan kumulatif pada periode yang sama tahun lalu sebesar 6,26 %. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,01% pada tahun 2014 merupakan laju paling lambat sejak lima tahun terakhir, persisnya tahun2009 sebesar 4,27%. Hal tersebut membuktikan perekonomian Indonesia selama ini tidak ditopang dengan struktur ekonomi yang baik. Oleh karena itu, untuk mendorong peran sektor industri sangat perlu dilaksanakan dengan 1). Peningkatan Pendidikan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia 2). Peningkatan daya saing produk industri nasional 3). Meningkatkan riset tentang teknologi guna meningkatkan industri sektor hulu dan hilir 4).Pemerataaan penyebaran industri 5). Peningkatan peran lembaga keuangan untuk pemodalan sektor industri.

Tantangan-tantangan ini menjadikan Indonesia beresiko mengalami trend yang menurun di sector inndustri. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan preventif atau strategi yang konkret untuk menghadapinya, dengan menjaga stabilitas ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dengan harapan agar Indonesia mampu memiliki perekonomian yang kuat dan pembangunan yang merata sehingga Indonesia dapat menjadi negara industri yang kuat dan menjadi negara maju.

 

NAMA KEGIATAN

“ECONOMICS EVENTS (8th ECCENTS 2015)”

“Strategi Mendorong Peranan Industri Berbasis Inovasi dan Teknologi”

TUJUAN KEGIATAN

Acara ini bertujuan untuk :

  1. Peserta diharapkan mampu memahami materi seminar dengan tema “Strategi Mendorong Peranan Industri Berbasis Inovasi dan Teknologi”
  2. Dengan adanya LKTI, peserta diharapkan mampu meningkatkan kompetensi membuat suatu karya tulis yang bermutu dan berperan dalam pengembangan ilmu ke depannya.
  3. Melalui kegiatan Company Visit peserta dapat mengetahui secara langsung manajemen dan operasional perusahan yang dikunjungi.
  4. Keseluruhan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan baik antara universitas-universitas di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini, khususnya dari jurusan Ilmu Ekonomi.

Peserta Kegiatan

Berdasarkan ketetapan panitia dalam seleksi tahap awal, menyatakan delegasi dari Universitas Brawijaya telah lolos olimpiade ekonomi Islam Tingkat Nasional dan berhak mengikuti perlombaan lanjutan atas nama:

  1. M Hamilunni’am (NIM 135020507111009), mahasiswaJurusanIlmu EkonomiFakultasEkonomidanBisnisUniversitasBrawijayatahunangkatan 2013.
  2. Rizky Dwi Saputra (NIM 135020401111006), mahasiswaJurusanIlmu EkonomiFakultasEkonomidanBisnisUniversitasBrawijayatahunangkatan 20
  3. Rita Indariatik( NIM 145020301111020 )mahasiswaJurusanAkuntansiFakultasEkonomidanBisnisUniversitasBrawijayatahunangkatan 20
  4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal                : Selasa-Jumat, 9-12 Juni 2015

Tempat                                : Kampus Universitas Airlangga Surabaya

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.