<!–:en–>CIES: CIES GATHERING<!–:–><!–:id–>CIES: CIES GATHERING<!–:–>

<!–:en–>Center of Training for Research and Publication "Qualitative Social Research"<!–:–><!–:id–>Center of Training for Research and Publication "Qualitative Social Research"<!–:–>
19 March 2015
<!–:en–>CIES: MIT SYI’AR CIES<!–:–><!–:id–>CIES: MIT SYI’AR CIES<!–:–>
19 March 2015

LATAR BELAKANG

Dalam sebuah hubungan organisasai, ikatan persaudaraan antar anggota merupakan suatu hal yang penting. Dengan ukhuwah yang baik, hal ini akan berkorelasi dengan pencapaian tujuan dari organisasi itu sendiri termasuk di organisasi CIES (Center for Islamic Economic Studies). Takadabentukukhuwah yang paling baikuntukdikembangkanumat Islam, selainukhuwahIslamiyah. Pentingnyamenjagadanmemelihara ukhuwah juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. “Orang Mukmin itu bagaikan satu jasad, atau bagaikan bangunan yang saling mengukuhkan,” sabda beliau dalam hadis yang diriwayatkanBukharidan Muslim.

Dalam hadis lainnya, Rasulullah bersabda, “Orang Islam itu satu sama lain bersaudara.” (HR Abu Dawud). Hadis dan ayat di atas menegaskan bahwa tak ada bentuk ukhuwah yang paling baik untuk dikembangkan umat Islam, selainukhuwahIslamiyah.UkhuwahIslamiyahmerupakanikatan yang paling hakiki dan kuat, mengungguli semua jenis ikatan lainnya. Boleh jadi, ikatan lainnya hanyalah bersifat sarana ukhuwah, tetapi tak dapat dijadikan dasar yang kuatbagibangunanpersaudaraan.

Perbedaan yang terdapat di antara manusia, seperti fisik, ideologi dan sebagainya hanya dapat dijembatani dengan iman kepada Allah SWT. Sejatinya, ketika seseorang menyatakan dirinya beriman, maka saat itu pula ia terikat persaudaraan dengan orang yang seiman.“Taksempurnaimanseseorang, sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia cintai dirinya sendiri,” sabda Rasulullah dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari, Muslim dan at-Tirmidzi itu.

Sungguh indah, jika setiap Muslim memelihara dan menjaga ukhuwah, sehingga umat Islam bisa menjadi sebuah kekuatan yang paling hebat di duniaini. Melihat hal demikian maka CIES (Center for Islamic Economic Studies) merencanakan untuk melaksanakan kegiatan CIES GATHERING dengan harapan hubungan antar CIES bisa semakin lebih baik dengan lembaga otonom dan semi otonom lainnya di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Selain itu, dalam kegiatan ini akan diberikan materi perkenalan mengenai ekonomi islam kepada para LO maupun LSO dimana diharapkan memberikan pengetahuan mengenai ekonomi islam kepada mereka.

NAMA KEGIATAN

CIES GATHERING

LANDASAN KEGIATAN

  1. Al-Qur’an dan Al Hadist
  2. Tridharma Perguruan Tinggi
  3. Hasil Musyawarah Kerja CIES
  4. Program KerjaDepartement Public Relation CIES

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Sebagai media silaturrahimdanmemperkuatukhuwah antara CIES dengan LO maupun LSO lainnya di lingkungan FEB Universitas Brawijaya
  2. Sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan mengenai ekonomi islam kepada LO maupun LSO di lingkungan FEB Universitas Brawijaya

TEMA KEGIATAN

“Bersama Saling Memahami dan Mengerti”

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan kumpul dan kajian bersama semua anggota CIES serta perwakilan dari LO lain di lingkungan FEB UB guna membahas terkait CIES, informasi-informasi penting mengenai peran ekonomi islam untuk membentuk suatu peradaban masyarakat dengan syariat Islam dan hukum yang berlaku dengan mengundang pemateri sesuai dengan tema kegiatan. Selain itu, juga akan diadakan suatu game, dimana dengan adanya ini ukhuwah serta kekompakan CIESer dengan para LO maupun LSO semakin kuat.

PELAKSANAAN KEGIATAN

CIES Gathering dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun dan dilaksanakan pada :

Hari                             : Selasa
Tanggal                       : 24 Maret 2015, 26 Mei 2015, 8 September 2015
Pukul                           : 15.30 – 17.30 WIB
Tempat                        : Aula A3 Gedung A, FEB UB

PESERTA KEGIATAN

  1. Seluruh anggota aktif CIES beserta Pengurus Harian
  2. Perwakilan tiap-tiap LO maupun LSO FEB UB

SUSUNAN ACARA

Waktu Acara
15.30-15.40 Pembukaan
15.40-15.50 o  Tilawah

o  Story Motivation

o  Sambutan

1.      Kapel CRP

2.      Chariman of CIES

15.50-16.40 Penyampaian materi tentang Ekonomi Islam
16.40-17.10 Games
17.10-17.30 Foto bersama LO dan LSO dan Penutupan

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan