Doktor Baru: Masiyah Kholmi

Panasonic Scholarship 2012
16 March 2011
6 Mahasiswa FE UB Semifinalis Temilnas X 2011
19 March 2011

Penafsiran seseorang atas konsep akuntabilitas dapat dijadikan satu manifestasi untuk memahami realitas social masyarakat itu berada. Realitas yang di amati dalam penelitian ini berkaitan dengan pemilihan kepala daerah (pilkada) tingkat II. Dan akuntabilitas dalam konteks ini adalah sebuah gagasan dari alam pemikiran sebuah komunitas partai yang memiliki nilai aplikatif.

Hal tersebut disampaikan oleh Masiyah Kholmi dalam penelitiannya yang berjudul “Tafsir Sosial atas Konsep Akuntabilitas dalam Perspektif Hermeneutika (Studi pada Dewan Pimpinan Daerah PAN di Jombang)”. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, memahami penafsiran atas konsep akuntabilitas dalam dunia kesadaran pengurus parpol. Kedua, memahami bentuk-bentuk akuntabilitas yang berkembang dalam dunia pemahaman pengurus parpol. Ketiga, untuk mengembangkan sebuah pemahaman baru atas konsep akuntabilitas parpol.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik akuntabilitas dalam pandangan dan pemahaman subyek penelitian dikaitkan dengan amanah sebagai metafora dalam kerangka konsep akuntabilitas, maka dapat disimpulkan bahwa dimensi “hubungan manusia dengan Tuhan” sebagai manifestasi akuntabilitas spiritual dan moral, dimensi “hubungan manusia dengan manusia” sebagai manifestasi akuntabilitas keuangan, kualitas, legal dan politick, sedangkan “ hubungan manusia dengan alam” sebagai akuntabilitas ekosistem.

Masiyah Kholmi mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pada ujian disertasi yang berlangsung secara tertutup di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pada Senin, (16/03) yang dipromotori oleh Prof. Iwan Triyuwowno SE, M.Ec., Ak., Ph.D (Promotor), Dr. Bambang Purnomosidhi, SE., MBA., Ak (Ko-Promotor), dan Prof. Eko Ganis S, SE., M.Com (Hons), P.hD (Ko-Prmotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Prof. Dr. Made Sudarma, S.E., MM., Ak (Penguji 1), Gugus Irianto, SE., MSA., Ak., Ph.D (Penguji 2), dan Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ak., P.hD (Penguji 3)

Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan tim Dosen Penguji, Masiyah Kholmi dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Akuntansi.

(nug/ yb)

Tinggalkan Balasan