Doktor Baru: Rahmisyari

Pengumuman Beasiswa United Tractors dan PT. Pama Persada Tahun 2011
12 April 2011
Studi Banding BEM Universitas Trunojoyo Madura
12 April 2011

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu terciptanya iklim organisasi yang kondusif dan kinerja yang baik.Gaya mengandung makna tanggapan atau reaksi individu yang terwujud dalam sikap, tindakan dan ucapan. Salah satu variabel pada tingkatan organisasi yang dapat menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya adalah budaya organisasi. Selain faktor kepemimpinan dan budaya organisasi, faktor lain yang terpenting adalah pengembangan karyawan atau pemberdayaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Dengan demikian pengambangan karyawan adalah aspek yang paling penting dalam perusahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rahmisyari dalam penelitiannya yang berjudul “Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan” (Studi pada Industri Semen Bosowa Maros Sulawesi Selatan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengatahui yang diantaranya:
1.    Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap budaya organisasi
2.    Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pengembangan karyawan
3.    Pengaruh budaya organisasi terhadap pengembangan karyawan
4.    Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja
5.    Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan
6.    Pengaruh pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan adalah gaya yang digunakan untuk mengatur dan mengkondisikan karyawan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan dan gaya kepemimpinan ini mampu untuk mendukung terlaksananya program pengembangan karyawan pada industry Semen Bosowa Maros. Gaya kepemimpinan memberikan peran langsung pada budaya organisasi. Hal ini dapat dilihat dengan adanya gaya kepemimpinan dari pimpinan industry Semen Bosowa Maros yang dapat membentuk budaya organisasi dengan gaya kepemimpinannya.

Rahmisyari mempresentasikan hasil penelitiannya pada ujian disertasi yang berlangsung di ruang sidang utama Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang di promotori oleh Prof. Dr. Umar Nimran, MA (promotor, Prof. Armanu Thoyib, SE., M.Sc., Ph.D (Ko-promotor I), Prof. Dr. Margono Setiawan, SE., SU (Ko-promotor II) dengan tim dosen penguji Prof. Dr. Djulmilah Zain, SE, Dr. Nurmijati, SE., MTM, Dr. Mintarti Rahayu, SE., MS dan dua orang tim penguji dari luar yang diantaranya Prof. Dr. H. Asip F. Hadipranata, Psy.D, Prof. Dr. H. Muh. Nasir Hamzah, SE., M.Si. Setelah mampu menyelesaikan ujian disertasi ini Rahmisyari dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar DoktorIlmu Manajemen.

(Nug/ Yb)