Doktor Baru: Sumiati

Doktor Baru: Eko Budi Santoso
23 November 2011
E-PHORIA “Believe in Your Music”
24 November 2011

Dampak dari era globalisasi adalah semakin ketatnya persaingan, dimana dunia bisnis tidak hanya bersaing dengan pelaku bisnis domestik tetapi juga pelaku bisnis dari negara lain. Perusahaan sebagai suatu organisasi bisnis yang merupakan suatu entitas ekonomi dimana tidak hanya berorientasi pencapaian profit yang maksimal tetapi lebih jauh adalah meningkatkan nilai perusahaan dan kemakmuran pemiliknya. Untuk kepentingan tersebut perusahaan mempunyai rencana strategis yang disusun dalam upaya untuk mengimplementasikan rencana strategis tersebut adalah rencana pendanaan. Dengan manajemen yang tepat dari rencana pendanaan tersebut akan dapat membantu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sumiati pada penelitiannya yang berjudul “Kekuatan Pasar, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan” (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisiskekuatan pasar, struktur modal, dan nilai perusahaan sehingga dapat membangun model teoritik dalam hubungan kekuatan pasar dengan struktur modal dan hubungan struktur modal dengan nilai perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan pasar yang diukur dengan Tobin’s Q yang mencerminkan interaksi perusahaan di pasar dengan perusahaan-perusahaan pesaing secara rata-rata menunjukkan nilai lebih besar satu yang berarti industri manufaktur di Indonesia mempunyai kemampuan menghasilkan laba ekonomi yang lebih baik .

Sumiati mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pada ujian disertasi yang berlangsung pada 14 November 2011 di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Disertasi yang dipromotori oleh Prof. MS. Idrus, SE., M.Ec., Ph.D (Promotor), Prof. Dr. Made Sudarma, SE., MM, Ak (Ko-Promotor), dan Prof. Dr. Arsono Laksamana, SE., MSc., Ak (Ko-Promotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Prof. Dr. Armanu Thoyib, SE., MSc (Penguji 1), Dr. Djumahir, SE., MM (Penguji 2), Dr. Ir. Solimun, MS (Penguji 3), Prof. Wahjudi Prakarsa, Ph.D dan Prof. Dr. I Wayan Ramantha, SE., MM., Ak sebagai dosen penguji dari luar.

Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan tim Dosen Penguji, Sumiati dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Manajemen.

(Nug/Yb)