Dongkrak UMKM, FEB UB Lakukan Pelatihan Akses Modal

FEB UB Gelar JIE Mengabdi, Sosialisasi Nilai Ekonomi Food Safety
30 September 2021
Pengabdian Masyarakat, JIE FEB UB Kembangkan Potensi Agrowisata di Pakis
30 September 2021

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis tersebut berupa pelatihan bagi UMKM setempat.

Pelatihan bertajuk “Akses Modal bagi UMKM di Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang di masa pandemi”

Pelaksana pengabdian masyarakat diantaranya adalah David Kaluge, Ph.D., Tyas Danarti Hascaryani, ME., Puspitasari Wahyu Anggraeni, M.Ec.Dev., yang bekerjasama dengan Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis, dan Bank BRI Malang.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya difokuskan pada pelaku usaha UMKM desa terhadap akses modal, maka kegiatan pengabdian di tahun 2021 ini dilakukan untuk menjembatani antara para informal leader UMKM dengan lembaga keuangan yaitu Bank BRI yang memiliki platform pembiayaan untuk kredit usaha rakyat (KUR).

Kegiatan dilakukan dengan memberikan penyuluhan bagaimana mendapatkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para informal leader UMKM desa Sumberpasir yang memiliki usaha keripik tempe, jasa pembuatan taman, usaha baju dan mukena bordir, bengkel, pengusaha di bidang pertanian dan sebagainya.

Dari hasil tersebut, terdapat beberapa pelaku usaha yang berminat untuk mengajukan pembiayaan sebagai tambahan modal usaha mengingat di masa pandemi akses terhadap modal cukup sulit.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan