Evaluasi KM FEB 2107

Re-Organisasi Kepengurusan Keluarga Mahasiswa Katolik
19 December 2017
Berharap pada Perdagangan
27 December 2017

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FEB UB telah berhasil melaksanakan salah satu program kerjanya, yaitu Evaluasi KM FEB 2017. Program kerja tersebut merupakan salah satu fungsi dari DPM yaitu pengawasan BEM, hal ini dilakukan karena BEM selaku eksekutor memiliki program kerja yang harus diawasi dan kemudian dievaluasi agar sesuai dengan arah gerak AD/ART dan GBHK.

Evaluasi KM FEB dilaksanakan selama empat kali setiap tahunnya dalam jangka waktu tiga bulan sekali. Pada periode 2017 ini, DPM telah sukses melaksanakan tiga kali evaluasi, dimana evaluasi pertama jatuh pada hari Minggu tanggal 23 April 2017, dilanjutkan pada 24 Agustus 2017, lalu yang ketiga pada tanggal 29 Oktober 2017, dan evaluasi terakhir jatuh pada 11 – 12 Desember 2017. Evaluasi KM FEB terdiri dari BPH BEM FEB UB sebagai peserta dan anggota DPM FEB UB sebagai pihak yang mengevaluasi kinerja BEM. Agar dapat dihadiri oleh seluruh peserta dan evaluator, evaluasi dilaksanakan dengan mencocokan jadwal seluruh BPH BEM dan anggota DPM.

Evaluasi pertama digelar di ruang A.3, dihadiri oleh 32 BPH BEM dan 5 anggota DPM, dan terdiri dari dua sesi, dimulai dengan absensi pada pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan sesi pertama yaitu pemaparan evaluasi dari BEM kemudian apabila merasa kurang jelas dengan yang dipresentasikan tersebut, anggota DPM berhak bertanya mengenai program – program kerja yang telah dijalankan. Kemudian sesi kedua dilanjutkan setelah melaksanakan ISHOMA, disini BEM kembali memaparkan hasil yang telah dicapainya dan kendala dalam program kerja yang diadakannya. Kegiatan ini selesai pada pukul 19.00 WIB.

Evaluasi kedua kemudian digelar dengan ruangan yang berbeda yaitu ruang D 2.2 dan juga evaluasi ketiga bertempat di ruang yang sama yaitu D 2.2 yang masing-masing dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diakhiri pada pukul 17.00 WIB. Evaluasi kedua juga  dihadiri oleh 29 BPH BEM dan 7 anggota DPM, dan evaluasi ketiga dihadiri oleh 28 BPH BEM dan 7 anggota DPM. Meskipun jangka waktu dan ruangan yang digunakan berbeda tetapi hampir sama halnya kegiatan yang dilakukan dengan evaluasi pertama, BEM akan mempresentasikan hasil dan kendala yang diterimanya dalam pelaksanaan program kerja tersebut.

Setelah evaluasi selesai dilaksanakan, DPM akan memberikan rekomendasi atas hasil kinerja BEM untuk arahan kedepannya. Rekomendasi tersebut dibuat berdasarkan notulensi dan pendapat masing-masing anggota DPM, biasanya rekomendasi akan terbit dalam 3 – 4 hari setelah evaluasi terlaksana. Rekomendasi yang diberikan berisi saran yang diberikan DPM untuk BEM supaya lebih memperhatikan proker yang akan dijalankan. Sejauh ini DPM telah mengeluarkan tiga rekomendasi hasil evaluasi, yang mana secara keseluruhan untuk memperhatikan dan mendampingi LO/LSO.

Kemudian evaluasi terakhir yang akan dilaksanakan pada periode ini bertempat di ruang A.3 dengan waktu dua hari yaitu pada tanggal 11 – 12 Desember 2017 dan pukul 18.00 WIB – 21.00 WIB. Evaluasi yang keempat ini akan sedikit berbeda karena dilaksanakan pada malam hari dan dilaksanakan pada hari efektif perkuliahan.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan