FEB Kedatangan Siswa SMA Labschool Kebayoran

Menjadi Wirausahawan Tidak Harus Menunggu Setelah Lulus
14 November 2013
Kuliah Tamu "Kebijakaan PPh Bagi UMKM"
15 November 2013

Pemandangan berbeda nampak di Gedung A FEB(Fakultas Ekonomi dan Bisnis) pada hari Jum’at (15/11). Sehubungan dengan pendidikan lanjutan dari SMA adalah perguruan tinggi, maka siswa-siswi dari SMA Labschool Kebayoran berkunjung ke FEB. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Aula Gedung A FEB. Para siswa-siswa berseragam batik sekolah mereka nampak berbeda dengan para mahasiswa yang berpakaian bebas. Dalam kegiatan kunjungan tersebut, perwakilan dari FEB yang menerima kunjungan mereka adalah Dimas Hendrawan, SE., MM. ; Misbahudin Azzuhri, SE., MM. dan Al Muizzudin F., SE., ME.

Acara diawali dengan sambutan oleh Dimas Hendrawan, SE., MM. , kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sejarah FEB yang dahulunya adalah sebuah perguruan tinggi ekonomi swasta dan telah berdiri sebelum adanya Universitas Brawijaya(UB). Setelah itu dijelaskan pula mengenai visi dan misi FEB serta berbagai organisasi resmi yang berada di FEB. Usai penjelasan mengenai visi dan misi, tibalah waktunya penjelasan yang ditunggu-tunggu oleh para siswa, yakni mengenai cara-cara untuk menjadi mahasiswa UB. Tercatat ada beberapa jalur yang dapat ditempuh, yakni SNMPTN(menggunakan nilai raport), SBMPTN(tes tulis bersama perguruan tinggi lain), SPMK(tes mandiri UB), dan berbagai jalur kemitraan lain. Misalnya kemitraan dengan daerah ataupun instansi. Ada pula seleksi untuk mahasiswa yang akan mengikuti program Internasional. Dijelaskan pula mengenai program Double Degree.

Setelah itu, para siswa mendapat penjelasan mengenai apa saja jurusan dan program studi yang ditawarkan oleh FEB. Terdapat tiga jurusan,  yakni Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi. Namun dalam jurusan Ilmu Ekonomi masih terbagi menjadi tiga program studi, yakni Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan, serta Ekonomi Islam. Tak ketinggalan pula penjelasan mengenai prospek kerja lulusan FEB. “Prospek kerja lulusan Fakultas kami sangatlah luas, karena nyaris semua sektor membutuhkan aspek ekonomi.” ujar beliau. Terdapat berbagai profesi yang menjadi prospek kerja bagi lulusan FEB. Mulai dari di Swasta hingga Pemerintahan. Saat ini jumlah dosen yang telah bergelar Doktor adalah enam puluh delapan orang. Tentunyahal itu menjadi salah satu jaminan, bahwa lulusan FEB memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi.

Usai penjelasan berbagai hal tentang FEB, penjelasan selanjutnya adalah mengenai tiap-tiap jurusan yang ditawarkan. Sayangnya pada kesempatan kali ini perwakilan dari jurusan Akuntansi sedang berhalangan hadir. Padahal jurusan ini merupakan jurusan Ilmu Sosial yang memiliki peminat paling banyak di UB. Alumni-alumni jurusan Akuntansi FEB telah tersebar di berbagai KAP(Kantor Akuntan Publik) & Perusahaan-perusahaan terkemuka. Baik yang di Indonesia, maupun luar indonesia. Tak hanya berada di sektor swasta, ada pula yang berkecimpung di sektor pemerintah. Terutama di Kementerian Keuangan. Bahkan beberapa bulan lalu, Jurusan ini dinobatkan sebagai Jurusan Akuntansi Terbaik ke 2 se-Indonesia oleh webometric.

Kegiatan dilanjutkan oleh perwakilan dari jurusan Manajemen. Yakni, Misbahudin Azzuhri, SE., MM. “Standart lulusan Manajemen FEB sangat tinggi”, tegas beliau. Memang standart lulusan Jurusan Manajemen FEB dan jurusan-jurusan lain di FEB sangat tinggi. Bukan untuk membuat para siswa menyerah sebelum mendaftar ke FEB, namun untuk memacu semangat para siswa agar lebih semangat dan giat belajar sehingga dapat diterima dan lulus dari FEB dengan kompetensi dan daya saing tinggi. Karena hal itu lah yang dibutuhkan untuk memenangkan persaingan dalam pencarian kerja. Namun lulusan Jurusan Manajemen juga dididik untuk bisa ber-entrepreneur, dengan begitu mereka dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas. Tidak mau kalah dengan Jurusan Akuntansi, beberapa bulan lalu Jurusan Manajemen FEB juga dinobatkan sebagai salah satu Jurusan Manajemen Terbaik se-Indonesia.

Kemudian giliran Al Muizzudin F., SE., ME. Perwakilan dari jurusan Ilmu Ekonomi untuk menjelaskan berbagai hal tentang jurusan yang beliau naungi. “Tahun lalu, Jurusan Ilmu Ekonomi mendapat juara 1 dalam gelaran UBAQA(University of Brawijaya Annual Quality Award).” ujarnya. Hal itu membuktikan bahwa Jurusan Ilmu Ekonomi merupakan salah satu jurusan dengan kualitas terbaik di UB. Jurusan ini juga merupakan satu-satunya jurusan di FEB yang memilik tiga program studi.  Prospek jurusan ini pun tak kalah menjanjikan dibanding jurusan Akuntansi dan Manajemen. Lulusannya pun tersebar diberbagai perusahaan swasta, perusahaan milik pemerintah dan instansi-instansi pemerintah.

Dengan banyaknya jaminan mutu dan prestasi yang telah diperoleh FEB, tentunya para siswa-siswi SMA maupun SMK banyak yang berkeinginan untuk menjadi mahasiswa FEB. Tentunya itu bukanlah hal yang muda, mengingat banyak peminat Jurusan-jurusan yang berada dibawah naungan FEB. Tiap tahun setidaknya ada ribuan peminat melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur-jalur tes lain. (azm/ris)

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan