FEB UB targetkan IKU sitasi serta Jumlah Jurnal Terindeks Nasional dan Global

THR dan Gaji 13 Dorong Pertumbuhan Ekonomi
18 April 2022
Mekanisme Penyerahan Ijazah Wisudawan Periode IX – X Tahun Akademik 2021/2022 FEB UB
19 April 2022

Badan Penerbit Jurnal (BPJ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menggelar Sosialisasi dan Workshop Open Journal System (OJS) Jurnal Mahasiswa (18/4/2022). Kegiatan tersebut merupakan inisiatif BPJ untuk merevitalisasi Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) FEB UB yang hanya sebagai repositori menjadi jurnal yang memiliki ISSN dan pengenalan OJS untuk pengelola jurnal di FEB UB. Sosialisasi dan workshop tersebut dihadiri Ketua Departemen, Editor in Chief dan Managing Editor/Co-Editor Jurnal di lingkungan FEB UB.

 

Kepala BPJ Prof. Dr. Munawar, SE., DEA. saat memberi sambutan, harapannya dari JIM FEB UB ini ditingkatkan masing-masing departemen punya 3 jurnal dan jurnal nantinya menjadi kredit poin bagi mahasiswa dan dosen.

 

Dekan FEB UB Abdul Ghofar, SE., M.Si., DBA. saat membuka kegiatan menyampaikan, harapan saya sebelumnya adalah artikel yang masuk di JIM FEB UB itu bisa diakui sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) saja tapi BPJ ternyata ingin memperbaiki kualitas dan jumlah artikel yang masuk di JIM FEB UB.

 

“Dari meningkatnya jumlah jurnal di setiap departemen ini menjadi luar biasa bagi saya, karena FEB UB mempunyai jurnal terbanyak di UB bahkan bisa terbanyak di Indonesia. Saya harap kedepan 9 jurnal ini bisa terindeks SINTA dan salah satu bisa terindeks SCOPUS,” ungkap Abdul Ghofar, DBA.

 

Dua pemateri dalam kegiatan ini. Pertama, Sekretaris BPJ Moch. Erfan Arif, SE., MM. yang menyampaikan materi sosialisasi “Revitalilasi JIM FEB UB”. Kedua , Koodinator BPJ Angga Endre Restianto, SST. menyampaikan materi workshop “Alur dan Proses Penerbitan”.

 

Pada akhir acara kegiatan berlanjut dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan para pengelola jurnal yang senior di FEB UB. FGD tersebut membahas pengelolaan 9 jurnal baru untuk mahasiswa dan peningkatan indeks dari jurnal yang sudah ada.

[YSF/Humas FEB UB]