Guest Lecture UGM: Pengayaan kepada Mahasiswa Magister dan Doktoral Akuntansi FEB UB

Warisan Ekonomi Raja Bhumibol
19 October 2016
Seminar dan Konferensi Internasional dalam Rangkaian Hari Anniversary PDIM ke-15
19 October 2016

Dalam rangka meningkatkan kredibilitas mahasiswa akuntansi untuk program magister dan doktor, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menggelar acara kuliah tamu (guest lecture) yang digelar di Ruang Sidang Utama (RSU), pagi tadi. Pembicara yang hadir, yakni Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A., Ak., CA. dari UGM, Ketua Program Magister Akuntansi Universitas Gajah Mada (UGM), Jogjakarta. Acara tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa akuntansi khususnya program magister dan doktor dalam bidang ilmu akuntansi sektor publik.

Selain Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A., Ak., CA. dari UGM, Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com.Hons., Ph.D., dan Drs. Ali Djamhuri, Ak., M.Com., Ph.D., juga turut hadir mengikuti jalannya acara. Acara tersebut dirancang dengan konsep sharing dan hearing baik dari pembicara maupun peserta yang hadir dalam ruangan tersebut, sehingga suasana tegang dapat dihindari. Dalam diskusi pembuka, Prof Abdul Halim bahkan melempar pertanyaan pada forum mengenai alasan berkembangnya pandangan akuntansi yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Weni, salah satu peserta dalam forum tersebut memberikan penjelasan bahwa perbedaan pandangan dalam akuntansi timbul karena saratnya nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu akuntansi tersebut. Hal inilah yang kemudian menimbulkan perbedaan pendangan dan perspektif mengenai ilmu akuntansi tersebut.

Meskipun rentang waktu yang disediakan dalam forum tersebut cukup singkat. Acara tersebut diharapkan mampu membuka wawasan dan pandangan yang lebih luas mengenai akuntansi utamanya dalam sektor publik. (gde)