<!–:en–>HMJA: Diskusi Cerdas Jurusan Akuntansi 2014<!–:–><!–:id–>HMJA: Diskusi Cerdas Jurusan Akuntansi 2014<!–:–>

<!–:en–>HMJA: Brawijaya Accounting Fair 2014<!–:–><!–:id–>HMJA: Brawijaya Accounting Fair 2014<!–:–>
13 February 2015
<!–:en–>HMJA: Gebyar Akuntansi 2014<!–:–><!–:id–>HMJA: Gebyar Akuntansi 2014<!–:–>
13 February 2015

Diskusi Cerdas (Disdas) Jurusan Akutansi 2014 merupakan wadah aktualisasi diri dan penyaluran minat serta bakat mahasiswa Jurusan Akuntansi (JA) FEB UB. Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) memiliki kepentingan dan keinginan untuk memfasilitasi hal tersebut, dan juga meningkatkan kemampuan serta kepekaan mahasiswa JA FEB UB dalam bidang akademik. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa aktif JA FEB UB dari berbagai angkatan.Melalui Disdas, diharapkan mahasiswa JA FEB UB lebih mengenal tentang dunia akuntansi.

Kegiatan diskusi ini juga diharapkan mampu menambah pengetahuan para mahasiswa tentang perkembangan keilmuan akuntansi dan menambah daya pikir kritis mahasiswa dalam penyelesaian masalah – masalah terkait isu seputar akuntansi yang ada. Sehingga kian mengukuhkan keberadaan HMJA sebagai wadah aktualisasi diri mahasiswa Akuntansi menuju cita – cita bersama. Selain itu juga bertujuan untuk menampung ide – ide baru dari mahasiswa yang muncul dari berbagai fenomena keilmuan akuntansi dan menjadi sarana untuk bertukar pikiran di antara mahasiswa jurusan Akuntansi

Disdas terbagi menjadi empat rangkaian kegiatan. Dua rangkaian diperuntukkan seluruh mahasiswa JA FEB UB secara umum, yakni pada tanggal 3 Juni 2014 dengan tema dengan tema “Investasi Mudah untuk Kalangan Muda” dan pada tanggal 7 Oktober 2014 dengan tema “Alternatif Karir Serjana Akuntansi”. Sementara dua rangkaian yang lain diperuntukkan bagi para pengurus HMJA, yakni pada tanggal 10 Mei 2014 dan 13 Desember 2014.

Pada Disdas tanggal 3 Juni 2014, pemateri yang diundang adalah Kuspandi, S.E., Ak. Beliau menekankan pada perlunya mahasiswa untuk segera berlatih investasi pada pasar modal. Terlebih lagi kini telah banyak simulator investasi pasar modal, sehingga lebih memudahkan para mahasiswa untuk melatih diri. Tak ketinggalan, Beliau juga memperagakan tips dan trik dalam bertransaksi di pasar modal.

Sementara pada Disdas tanggal 7 Oktober 2014, pemateri yang diundang adalah M. Tojibussabirin, S.E., M.B.A., Ak. Beliau menjelaskan berbagai alternatif karir bagi seorang sarjana akuntansi. Terutama adalah alternatif berkarir sebagai wirausahawan. Materi yang disampaikan dilatarbelakangi oleh pengalaman Beliau yang telah bertahun-tahun menjadi seorang wirausahawan, khususnya di bidang kuliner. Pada awal karir setelah lulus kuliah, sebenarnya Beliau bekerja di KAP Deloitte yang merupakan salah satu dari Big Four Accounting Firm di dunia. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Beliau merasa lebih nyaman berkarir sebagai wirausahawan, khususnya pada bidang kuliner.

Berbeda dengan kedua rangkaian Disdas yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif JA FEB UB secara umum, rangkaian Disdas yang diperuntukkan bagi pengurus HMJA lebih fokus tetang ilmu terkait keoraganisasian. Pada Disdas yang diadakan pada tanggal 10 Mei 2014, tema yang diangkat adalah tentang “Kepemimpinan”. Tema tersebut diusung untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pengurus HMJA dalam aspek kepemimpinan. Terlebih lagi kepemimpinan dibutuhkan dalam berbagai organisasi, bahkan tetap dibutuhkan hingga setelah lulus kuliah.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan