<!–:en–>HMJIE: Economics Journey 2014<!–:–><!–:id–>HMJIE: Economics Journey 2014<!–:–>

<!–:en–>HMJIE: ECOLYMPICS 2014<!–:–><!–:id–>HMJIE: ECOLYMPICS 2014<!–:–>
13 February 2015
<!–:en–>HMJIE: Entrepreneurship Seminar And Business Plan Competition<!–:–><!–:id–>HMJIE: Entrepreneurship Seminar And Business Plan Competition<!–:–><!–:id–>HMJIE: Entrepreneurship Seminar And Business Plan Competition<!–:–><!–:id–>HMJIE: Entrepreneurship Seminar And Business Plan Competition<!–:–>
13 February 2015

Kegiatan Economics Journey atau yang biasa disingkat dengan E-Journey pada tahun ini melakukan kunjungan ke beberapa destinasi di 2 kota besar di Indonesia. Kota yang akan dituju E-Journey 2014 adalah Surabaya dan Bali. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 10 November 2014 hingga Kamis, 13 November 2014. Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kami selaku perwakilan dari jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk berkunjung bersilaturahmi serta mencari tahu mengenai persiapan para destinasi kami dalam menghadapi Asean Economic Community 2015.\

Para peserta serta panitia E-Journey 2014 berkumpul di Basement FEB UB pada hari Senin 10 November 2014 pukul setengah 5 pagi. Mereka bersiap untuk berangkat menuju destinasi pertama kami di Surabaya. Waktu menunjukkan pukul 7 pagi dan bis kami yang terdiri dari 2 bis berangkat menuju House of Sampoerna di Surabaya. Perjalanan ditempuh dalam kurang lebih 3 jam. Pukul 10 kami telah sampai di House of Sampoerna dan langsung disambut oleh teriknya panas matahari di Surabaya. Selain itu, kami juga langsung disambut dengan ramah oleh pembicara House of Sampoerna yang menjelaskan serta mengajak kami keliling House of Sampoerna. Di lokasi ini terdapat berbagai bukti fisik sejarah berdirinya salah satu usaha terbesar di Indonesia. Di akhir sesi kami diperlihatkan para buruh Sampoerna sedang membuat serta mengemas rokok dengan kecepatan tangan mereka. Setelah semua sesi pembicara selesai atau sekitar 1 jam, kami seluruh peserta dan panitia E-Journey 2014 berfoto bersama di depan gedung House of Sampoerna.

Jam menunjukkan pukul 11 siang, kami langsung bertolak menuju destinasi kedua kami di Surabaya yaitu Kementerian Keuangan Direktorat Jendral Perbendahaan Kantor Wilayah Jawa Timur. Perjalanan ditempuh kurang lebih 30 menit. Sesampainya disana kami melakukan ishoma hingga dimulainya sesi pemateri di kementerian keuangan pukul 1 siang. Setelah waktu menunjukkan pukul 1 siang, kami serombongan memasuki aula kementerian keuangan serta disambut dengan hangat oleh karyawan-karyawan mereka. Dua pemateri di sesi ini adalah merupakan salah satu alumni dari Universitas Brawijaya serta Alumni dari S1 Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Selama sekitar 1 jam 30 menit, mereka menyampaikan serta menjelaskan peran Kementerian Keuangan dalam ranah perbendaharaan Negara dalam mempersiapkan diri menghadapi Asean Economic Community 2015. Dari seluruh materi yang telah disampaikan, pada intinya Kementerian Keuangan telah sangat siap dalam menghadapi AEC 2015 dikarenakan telah melakukan berbagai persiapan rutin mulai tahu 2007 seiiring dengan diterbitkannya Blue Print AEC 2015. Diakhir sesi ini juga kami selaku perwakilan dari Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya memberikan vandal kenang-kengangan disertai pemberian vandal pula dari pihak Kementerian Keungan kepada kami. Setelah serangkaian acara di Kementerian Keuangan selesai dilaksanakan, kami seluruh panitia dan peserta E-Journey 2014 berfoto bersama di depan gedung Kementerian Keuangan Ditjen Perbendaharaan Kanwil Jawa Timur. Waktu telah menunjukkan pukul 3 sore kemudian kita bertolak menuju kota destinasi kedua yaitu Denpasar Bali.

Waktu menunjukkan pukul 6 pagi WITA, rombongan E-Journey 2014 telah tiba di RM Bidadari yang berlokasi di pantai sanur. Di situ kami semua membersihkan diri serta menikmati sarapan pagi. Ketika waktu telah menunjukkan pukul 8 WITA, kami semua bertolak menuju destinasi ketiga kami yaitu Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar. Waktu yang ditempung kurang lebih 1 jam dan ketika waktu menunjukkan pukul 9 WITA, kami telah sampai di lokasi Dinas Koperasi dan UMKM Denpasar. Pemateri pada pagi hari itu adalah ketua dari Dinas Kopersi dan UMKM itu sendiri sehingga apresiasi yang besar bagi kami langsung bertemu dengan kepala Dinas Koperasi secara langsung untuk memberikan materi tepat pukul 10 pagi mengenai persiapan seluruh koperasi derta UMKM di kota Denpasar dalam menghadapi Asean Economic Community 2015. Beliau menyampaikan materi selama kurang lebih 1 jam 30 menit dan pada intinya, beliau selaku kepala Dinas Koperasi dan UMKM tidak terlalu merisaukan adanya AEC 2015 disebabkan telah mandirinya pada sektor umkm serta koperasi di Denpasar sehingga menurut beliau tidak akan terlalu memberikan dampak yang terlalu besar bagi mereka di domestic melainkan memberikan peluang yang sangat besar bagi mereka untuk menambah ekspansi barang serta jasa mereka keluar negeri yang selama ini pada faktanya telah banyak dilakukan oleh UMKM Denpasar. Diakhir sesi kami selaku perwakilan dari Ilmu Ekonomi FEB UB kembali memberikan vandal kepada pihak Dinas Koperasi dan UMKM Denpasar serta berfoto bersama di depan gedung Dinas Koperasi dan UMKM.

Waktu menunjukkan pukul 11.30 WITA dan kami melanjutkan perjalanan ke destinasi kedua kami yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Perjalanan ditempuh dalam kurang lebih 30 menit. Sampai dilokasi STP Nusa Dua Bali sekitar pukul 12 siang, kami langsung melakukan ishoma hingga pukul 1 siang, dimulailah rangkaian acara di STP Nusa Dua Bali. Rangkaian acara dimulai dengan adanya tour mengelilingi area STP dan disuguhi pemandangan yang sangat menarik mulai dari interaksi antar mahasiswa dengan dosen yang sangat amat sopan dan selalu bertegur sapa, bentuk bangunan yang sangat artistik mencerminkan budaya Bali serta berbagai fasilitas penunjang mahasiswa yang sangat lengkap. Selama kurang lebih 30 menit kita diajak berkeliling, pada pukul 13.30 WITA sesi pemateri dimulai. Dimana selaku pemateri pada sesi ini ada Dekan dari jurusan Hospitality si STP Nusa Dua Bali. Baliau dengan gesture lemah lembuh menjelaskan bahwa STP Nusa Dua Bali sudah sangat siap dalam menghadapi pertukaran tenaga terlatih atau skilled labor di wilayah Asean. Karena kurikulum pengajaran seperti itu telah diterapkan jauh jauh hari dan memang lulusan dari STP Nusa Dua Bali merupakan lulusan bidang kepariwisataan yang sangat baik serta berskill tinggi. Tentunya tidak akan menjadi masalah bagi STP Nusa Dua Bali dalam menghadapi AEC 2015. Diakhir sesi seperti biasa kami memberikan vandal kepada pihak STP disertai pemberian kenang-kenangan dari pihak STP Nusa Dua Bali serta dilanjutkan sesi foto bersama di depan Gedung STP Nusa Dua Bali.

Di hari berikutnya, sekitar pukul 10.30 pagi WITA, kami seluruh rombongan E-Journey 2014 mengunjungi destinasi terakhir kami yaitu UMKM Krisna beserta pabriknya yaitu Cokonveksi. Disana kami langsung disambut oleh karyawan Krisna dan langsung diajak berkeliling melihat langsung proses pembuatan kaos krisna yang merupakan oleh-oleh terbesar di Bali. Setelah diajak berkeliling, sesi pemateri pun langsung dilaksanakan. Adapun pada intinya, Krisna hanya mampu menyediakan keperluan oleh-oleh bagi pendatang baru di Bali dengan dibukanya cabang baru di daerah Singaraja. Krisna tidak bisa melakukan ekspor dikarenakan Krisna sangat menjunjung tinggi budaya asli bali sehingga tidak akan melalukan ekspor, namun dengan kegiatan penjualan produk Krisna di 5 cabar besar yang tersebar di Bali telah sangat berpengaruh di dalam perekonomian Bali. Setelah sesi pemateri telah selesai dilaksanakan, dilanjutkan sesi penyerahan vandel dari pihak kami kepada Krisna disertai penyerahan kenang-kenangan pihak Krisna. Setelah rangkaian acara pemateri selesai sekitar 1 jam, maka dilanjutkan dengan sesi belanja oleh-oleh di store Krisna.

Berakhirnya serangkaian acara di Krisna menandakan berakhir pula serangkaian kunjungan ke beberapa perusahaan dan dinas terkait AEC 2015. Kami serombongan E-Journey 2014 bertolak menuju Malang pada pukul 17.00 WITA dan sampai di area FEB pada kesesokan harinya yaitu pada hari Kamis 13 November 2014 pada pukul 6 pagi dengan aman serta lancar.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan