PKK MABA Day 2 Sebagai Ajang Pengenalan Kegiatan di Kampus

Pesan Singkat Representasi Mahasiswa Ideal Masa Kini, oleh Mahasiswa Berprestasi Ilmu Ekonomi FEB UB
1 September 2019
Aksi : Langkah Aktif Para Mahasiswa
2 September 2019

“Sebuah tujuan besar pastinya membutuhkan berbagai awalan. Sekarang pilihanmu, untuk sekedar terlewatkan atau menjadi dikenang.”- Inception 2019.

Awalan yang baru merupakan tema yang diangkat dalam PKK MABA tahun ini. Pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya 2019 bernama Inception. Inception dilaksanakan pada dua hari yaitu pada Hari Rabu dan Kamis, tanggal 14 dan 15 Agustus 2019. Hari kedua dilaksanakan tidak kalah semangat dibandingkan hari pertama. Pada Hari Kamis, 15 Agustus 2019 merupakan rangkaian hari kedua yang bernama Ormawa (Orientasi Mahasiswa) yang lebih difokuskan pada kegiatan yang mengenalkan mahasiswa baru kepada seluk beluk mahasiswa. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan apel pagi dengan diiringi gerimis hujan yang turun.

Seperti hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan Scanning Session yang berfungsi untuk mengecek kedisiplinan para mahasiswa baru. Lalu dilanjutkan dengan Manes Inception yang dipimpin oleh divisi trainer. Disini divisi trainer bertindak sebagai instruktur senam. Serunya, ketika divisi trainer masuk diiringi dengan lagu JKT 48 yang berjudul Heavy Rotation yang membuat maba semakin bersamangat. Instruksi dari divisi trainer pun diikuti maba dengan semangat. Pada saat Manes Inception, Pak Khusaini, selaku Wakil Dekan III FEB UB mengikuti senam dengan naik ke atas panggung. Para maba yang melihat mengikuti Pak Khusaini untuk naik ke atas panggung. Akhirnya, jumlah maba yang naik pun membludak dan beberapa panitia yang bertugas mencegah beberapa maba yang akan naik ke atas panggung juga.

Suasana semangat pun masih ada ketika dilanjutkan dengan sesi games dari trainer. Maba mengikuti games dengan riang dan beberapa adicita yang terpilih memberikan perwakilannya untuk mengikuti final di atas panggung. Dan akhirnya, ada 3 adicita yang memenangi games tersebut.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pengenalan himpunan jurusan masing-masing ke para maba. Jurusan ilmu ekonomi (HMJIE) dipimpin oleh Emir Khairy di Gedung D, jurusan akuntansi (HMJA) dipimpin oleh Ahmad Fajri di Gedung F, dan jurusan manajemen (HMJM) dipimpin oleh M. Afif Fauzan di Gedung Utama. Materi yang diberikan berupa materi jurusan, ospek jurusan, dan ditambah dengan manajemen aksi.

Setelah maba kembali ke lapangan, maba langsung disuguhkan dengan penampilan divisi acara yang mengarahkan maba untuk diskusi yang dilanjutkan dengan aksi. Acara ini bernama Inception in Action. Diharapkan para maba benar-benar melakukan aksi nyata untuk permasalahan di Indonesia kedepannya. Sebagai orator, Muh Ainulhaq Hakim Tiro A. M. berorasi untuk membakar semangat para maba. Lalu dilanjutkan dengan diskusi internal adicita dan antar adicita. Setelah adanya diskusi, maka tiap 2 adicita mengirimkan salah satu perwakilannya untuk mengikuti konsolidasi. Konsolidasi bertujuan untuk mendiskusikan beberapa masalah dan penanganan yang harusnya dilakukan. Dan akhirnya, hasil dari konsolidasi diumumkan di atas panggung utama. Disaat beberapa perwakilan mengikuti konsolidasi, maba yang lain mempersiapkan perlengkapan aksi. Lalu, dilanjutkan dengan aksi yang dipimpin oleh koorlap yang menjamin berjalannya aksi dengan damai dan tidak ricuh. Selain itu, aksi dilakukan dengan dua kali audiensi yang diarahkan oleh mediator. Setelah melakukan aksi, maka ditutup oleh Ainul serta diberikan evaluasi.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi Spotlight Session yang berisi pengumuman pelanggaran para maba dan dilanjutkan dengan treatment yang dilakukan oleh divisi dikma dan pendamping. Sebelum dilakukan penutupan hari kedua, diumumkan Adicita of The Day yang diraih oleh Adicita 16 dan Maba of The Day diraih oleh Nabila Amira Shayfana dari Adicita 6. Setelah itu, maba dipulangkan menuju gerbang kepulangan masing-masing dan PKK MABA hari kedua telah usai.

Tinggalkan Balasan