Indonesian Debate Competition

Ekonomi Mudik
11 July 2017
Dalam Jepitan Utang dan Pajak
17 July 2017

Delegasi dari Universitas Brawijaya yang diwakili oleh tim yang terdiri dari Najoan Wandy (IE 2014), Yulia Indriani (IE 2015), dan Taradiva Febiola (IE 2016) pada perlombaan “Indonesian Debate Competition” Perlombaan dimulai pada tanggal 30 April – 4 Mei 2017. Melewati proses penyeleksian pengiriman essay sebagai tahap pertama menuju finalis 12 besar. Saat itu tim lolos dalam penyaringan tahap pertama manuju babak 12 besar finalis dari total 30 peserta. Keberangkatan dimulai pada 30 April pukul 10.40 – 13.30 waktu tiba di Makassar. Disana tim dijemput Bersama seorang Laisson Officer (LO). Tim pun berjumpa dengan berbagai mahasiswa yang berasal dari 28 Universitas dari seluruh provinsi di Indonesia yang  mengikuti berbagai kegiatan lomba di Universitas Negeri makassar (UNM).

Perjalanan dimulai dengan menuju penginapan. Setelah beristirahat sejenak sampai dengan ba’da mahgrib tim pun digiring untuk makan Bersama. Kemudian dimulai rangkaian acara pertama, yakni Technical Meeting (TM). Lomba yang saat itu diikuti ialah Lomba Debat Nasional. Pertemuan itu pun berakhir pada jam 22.00 WITA dengan proses pembicaraan yang cukup panjang tekait mekanisme lomba keesokan harinnya. Selanjutnya, tim pun dipersilakan untuk beristirahat.

Tanggal 1 mei 2017 pukul 08.00 tim pun siap memulai aktivitas selanjutnya di makassar. Hari itu di mulai dengan acara sambutan serta seminar nasional yang sangat meriah. Para peserta pun disambut dengan kedatangan walikota makassar serta rektor UNM. Acara kali itu berlangsung dengan megah penuh dengan hiburan tarian serta nyanyian daerah yang berasal dari Makassar. Tak lupa, seluruh peserta yang hadir dari 28 Universitas di Indonesia pun ikut diperkenalkan satu persatu. Masih pada hari yang sama, kegiatann tersebut berlangsung dengan lancar dan tim pun lolos dalam tahap 8 besar finalis setelah akhirnya mengalahkan lawan dari tim Universitas Ganesha.  Hari itu berakhir pada pukul 20.00 WITA

Tanggal 2 mei 2017 pukul 08.00, tim pun memulai perlombaan menuju semi final 4 besar. Pertandingan pertama tim pada hari itu melawan Univesritas Pertanian Bogor (IPB). Tim pun mendapatkan urutan pertama dengan mosi perdebatan yang dibawakan kali itu cukup sulit. Namun, akhirnya tim pun mampu memenangkan pertandingan melawan IPB. Akhirnya tim pun lolos menuju semi final 4 besar. Setelah itu, dilanjutkan final. Dipertandingan kedua tim diakhiri dengan melawan Universitas Hasanudin. Namun sayangnya, tim tidak mampu meraih 2 besar sehingga tim mendapatkan posisi 4 pada saat itu. Tibalah dimalam hari, tim mendapatkan sambutan serta pengumuman para pemenang lomba, acara itu sekaligus mengakhiri aktivitas perlombaan tim.

Di keesokan harinya, 3 Mei 2017. Tim mengikuti field trip ke salah satu destinasi pantai wisata di Kota makassar yang cukup terkenal. Kegiatan tersebut sekaligus mengakhiri perjumpaan tim dengan seluruh peserta di Kota makassar. Hari itupun tim pulang kembali ke Malang pukul 17.35 – 18.05 setibanya di Surabaya. Berlanjut dengan menumpangi kereta menuju kota Malang dan setibanya pukul 22.00 WIB.

Di tahun depan mungkin perlombaan ini juga bisa menjadi rekomendasi. Kompetisi ini merupakan salah satu kegiatan terbesar pada level nasional. Sehingga akan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa juga nama baik universitas di ranah eksternal.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan