INSPIRATION 2014 , Melatih Mahasiswa Baru menghadapi Dunia Kampus

Melalui INSPIRATION 2014, Mahasiswa Baru FEB Berikan Santunan pada Panti Asuhan
5 September 2014
Intellectual Student Parlement, Simulasi Sidang Parlemen untuk Mahasiswa Baru FEB UB
5 September 2014
Sejumlah Mahasiswa Baru sedang Menyimak Pemaparan Materi tentang FEB UB di dalam Salah Satu Ruang

Sejumlah Mahasiswa Baru sedang Menyimak Pemaparan Materi tentang FEB UB di dalam Salah Satu Ruang

PK2MaBa (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) tingkat fakultas tahun angkatan 2014 telah usai diadakan pada tanggal 3-4 September 2014. Selama dua hari tersebut, para mahasiswa baru FEB UB diberi pembinaan guna menghadapi dunia kampus yang sangat berbeda dengan sekolah menengah. Tercatat lebih dari 800 mahasiswa baru menjadi peserta dalam kegiatan kali ini. Mengusung tema INSPIRATION (Introduction, Spiritualization, Actualization for Education and Orientation) , kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerja keras dari panitia yang telah mempersiapkannya lebih dari satu bulan yang lalu.

Pada hari pertama, Prof. Candra Fajri Ananda., SE., MSc., Ph.D selaku dekan FEB, membuka langsung kegiatan ini. Tak hanya membuka, namun dekan juga memperkenalkan jajaran Dekanat dan Pejabat Struktural kepada para mahasiswa baru. Pada hari pertama, mahasiswa baru sempat diarahkan menuju sejumlah ruangan, termasuk gedung utama, guna mendapatkan materi tentang profil FEB UB, meliputi Visi, Misi, Sejarah, Fungsi dan Tujuan. Diberikan pula materi mengenai SKS (Sistem Kredit Semester) yang akan mereka jalani dalam perkuliahan. Tak ketinggalan materi Penyelenggaraan Pendidikan di FEB UB, meliputi Tugas Akhir, Ujian Akhir Studi, Etika Akademik, Tata Tertib, dan Kurikulum. Kemudian para mahasiswa baru dibagi ke dalam tiga kelompok sesuai jurusan, yakni Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi untuk mendapatkan materi tentang materi SIAKAD UB.

Sementara pada hari kedua, para peserta mendapatkan sejumlah materi tambahan, dua diantaranya adalah tentang PKM dan Actpreneur. Usai mengikuti penyampaian sejumlah materi, para peserta mengikuti salah satu agenda yang menarik, yakni permainan analisis sosial bertajuk Intellectual Student Parlement. Para peserta dibagi kedalam tiga kelompok besar, dan didalam tiap kelompok tersebut, dibagi lagi menjadi empat komisi. Keempat komisi tersebut mewakili ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral); Keuangan dan Perdagangan; Kependudukan dan Ketenagakerjaan; dan Sosial Budaya. Para mahasiswa baru saling menyampaikan pendapat dan berdebat tentang pokok bahasan yang diangkat, yaitu kebijakan pemerintah dalam pengalokasian subsidi bahan bakar minyak.

Dalam INSPIRATION 2014, mahasiswa baru dikenalkan dengan berbagai kegiatan akademik, non akademik dan kemahasiswaan yang ada di FEB. Juga dididik untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab pada diri sendiri.Tak lupa, pendidikan karakter pun turut dalam kegiatan kali ini. Pendidikan karakter yang diterapkan kepada para mahasiswa baru meliputi berbagai aspek. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan