Intellectual Dialogue of Economics XIII (IDE XIII) 2015

TRAINING ORGANIZATION BEC 2015
1 December 2015
Accounting Meeting (AM) 2015
1 December 2015

Intellectual Dialogue of Economics XIII (IDE XIII) 2015 adalah sebuah kompetisi disingkat yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga otonom di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJIE). Kegiatan ini telah berlangsung selama tujuh tahun menunjukkan adanya program kerja HMJIE di tingkat nasional. IDE XIII (13) ¬†seperti namanya adalah kompetisi yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia untuk bersaing di bidang penulisan. IDE XIII memiliki tema “peningkatan nilai potensial lokal didasarkan pada daya saing untuk menghadapi ekonomi global” dengan tema kepenulisan adalah implentasi United Nations Development Goals Berkelanjutan melalui Sumber Daya Fisik Inovasi, Orang, dan Budaya. Ini adalah harmoni antara acara ini dengan HMJIE yang merupakan bidang studi membentuk insan yang bisa menuangkan idenya dalam ide ilmiah.

Rangkaian kegiatan IDE XIII dimulai dengan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendaftar dan mengirim surat-surat dalam hardcopy dan softcopy yang dimulai pada 26 Juni 2015 untuk 21 Agustus 2015. Ada banyak pekerjaan yang masuk ke panitia dan kemudian berikutnya tahap akan untuk penilaian makalah disampaikan dan selanjutnya akan menemukan 10 finalis dari seluruh pendaftar pada acara IDE XIII. Pengumuman 10 finalis yang akan mempresentasikan makalah ilmiah yang dilakukan pada 7 September 2015. Setelah itu, mendaftar ulang para finalis dan diundang untuk menghadiri Universitas Brawijaya, Malang. 10 finalis adalah Universitas Brawijaya 2 tim, Universitas Airlangga 2 tim, Pendidikan Ganesha Universitas 2 tim, Universitas Sriwijaya 1 tim, Universitas Indonesia 2 tim, dan Universitas Diponegoro 1 tim.

Presentasi dari 10 finalis diadakan di UB, Malang pada 09-12 Oktober 2015. Kegiatan dimulai dengan Technical Meeting pada 9 Oktober 2015 yang dimulai pukul 18.30 WIB di Auditorium Gedung A3 Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Kegiatan ini berbicara mengenai ketentuan presentasi para finalis dan ketertiban selama acara. Semua peserta kemudian kembali ke penginapan yang panitia telah di toko di Griya UB.

Pada hari ke-2 atau pada tanggal 10 Oktober, 2015, ini adalah waktu untuk para finalis untuk mempresentasikan karya ilmiah. Pada hari ini juga akan menjadi pengumuman pemenang acara IDE XIII. Peserta terpilih dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk menyajikan karya ilmiah mereka dengan baik di hadapan juri yang ahli di bidangnya, yaitu Mr. Al-Muizzudin, Bambang Dwi Argo dan Ibu Asfi. Acara hari yang diadakan dari pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB. Pada akhirnya pemenang ditentukan dari IDE XIII yaitu 1 tempat dimenangkan oleh Universitas Brawijaya, 2 tempat dimenangkan oleh Indonesia Universitas, dan 3 tempat dimenangkan oleh Universitas Airlangga.

Pada hari-3 atau pada tanggal 11 Oktober 2015, finalis menjalani fieldtrip ke Eco Green Park Batu. Finalis diundang untuk melihat pendiri Eco Green Park. Diharapkan IDE XIII masa depan dapat berjalan lebih baik dan masalah yang ada di tahun ini dapat diatasi tahun depan. Hal ini juga akan dibentuk / menangkap ide-ide kreatif dari mahasiswa di sebuah ide dalam makalah ilmiah.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.