Kuliah Tamu Integrated Marketing Communication PT Campina Ice Cream

Accounting Meeting 2012 “ Malam Akrab, Workshop dan Bakti Sosial”
1 June 2012
Terpilihnya Dr. Kusuma Ratnawati, SE., MM Sebagai Team Leader Program AIPD (Australia-Indonesia Partnership for Decentralisation)
1 June 2012

Jum’at ( 1/6 ) bertempat di aula gedung D diadakan sebuah acara kuliah tamu dengan menghadirkan pembicara dari PT Campina Ice Cream yang diwakili oleh Harwinda Yoga ( marketing communication manager PT Campina Ice Cream ) dan dihadiri oleh pembantu dekan III, Nanang Suryadi, SE., MM. dan juga Ketua Jurusan Manajemen Dr. Fatchur Rohman, SE., M.Si. acara dibuka oleh mc  yang menjelaskan tentang profil pemateri kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua jurusan manajemen dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangan pembicara dan semoga memberikan manfaat bagi mahasiswa FEB UB khususnya jurusan manajemen.

Lalu acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Harwinda Yoga. Pada materi pertama ini beliau memaparkan materi tentang marketing communication di era internet marketing. Menurut beliau sekarang terjadi perubahan paradigma dalam dunia marketing, kalau dulu brand yang paling dikenal orang adalah brand yang memiliki iklan paling bagus  namun sekarang terjadi perubahan paradigma, saat ini semua orang bisa memberikan penilaian mereka sendiri terhadap suatu brand sehingga dulu yang berkonsep one to many berubah menjadi many to many. Selain memaparkan tentang teori beliau juga memberikan contoh aplikasi marketing communication di dunia maya seperti pemanfaatan buzzer atau orang yang di twitter memiliki banyak follower lalu disewa oleh suatu brand untuk memasarkan produk mereka ( paid tweet ). Menurut beliau sekarang Indonesia termasuk twitter nation dimana pengguna twitter nomer dua setelah Amerika sebagai pengguna twitter terbanyak, selain itu kota Malang merupakan salah satu dari beberapa kota pengguna twitter terbanyak setelah Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Karena Indonesia termasuk pengguna twitter terbanyak maka pemanfaatan social media sebagai media pemasaran sebanding dengan 200 iklan televisi”  jelasnya. Beliau juga menjelaskan tentang tips dan strategi pemasaran yang digunakan di dunia maya.

Pada materi kedua kali ini Harwinda Yoga menjelaskan tentang PT Campina Ice Cream pada digital marketing. Beberapa hal yang disampaikan mengenai saluran ngobrol campina tempat dimana campina bias berinteraksi dengan pelanggan melalui social media, penjelasan produk campina luve litee salah satu produk terbaru campina ice cream  low fat pertama di Indonesia, dan kegiatan offline activities yang dilakukan campina. Sempat terjadi kehebohan ditengah materi pada saat penjelasan tentang produk terbabru luve litee dimana pemateri mempersilahkan untuk mengambil es krim yang telah disediakan dan semua berebutan mengambil es krim luve lite.

Setelah sesi materi kedua berakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusiasme mahasiswa terkait dengan digital marketing ini cukup tinggi, terbukti dengan diajukannya beberapa pertanyaan menarik salah satunya mengenai bagaimana mengatasi complain di social media. Menanggapi pertanyaan tersebut pemateri menjelaskan bahwa tiap ada complain mereka merespon complain tersebut dan meminta maaf apabila terjadi permasalahan ketika menggunakan brand mereka, selain melakukan respon didunia maya perlu juga melakukan offline visiting ke pihak yang bersangkutan. “ dalam mengatasi komplain kata kata minta maaf dan terima kasih merupakan dua kata powerfull dalam mengatasi komplain “ kata Harwindo Yoga yang juga alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen. ( dinar )

Tinggalkan Balasan