Ordik Mahasiswa Baru Pascasarjana FEB UB Tahun 2016/2017

Dialektika Anggaran Nasional
6 September 2016
MUNAS FoSSEI XIV Universitas Brawijaya
7 September 2016

14192138_1292165004157188_3647202562531204116_nPada tanggal 5 September 2016 telah dilaksanakan Orientasi Pendidikan dan Kemahasiswaan (ORDIK) tahun akademik 2016/2017 yang bertempat di Aula Gedung F Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 s.d 16.00 dan dihadiri oleh jajaran Dekanat, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan dosen serta seluruh mahasiswa baru pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

ORDIK pada tahun ini terkesan berbeda dari tahun sebelumnya pasalnya jumlah mahasiswa baru Pascasarjana lebih banyak yakni mencapai 364 mahasiswa dengan rincian 288 mahasiswa magister (S2) dan 76 mahasiswa doktor (S3). Diantara seluruh Mahasiswa baru yang hadir pada acara ORDIK Pascasarjana FEB UB ada yang sudah menjalani masa perkulihan selama satu semester dikarenakan  masuk pada tahun akademik 2015/2016 sedangkan yang lainnya baru masuk pada akademik 2016/2017.

Adapun rangkaian acara ORDIK Pascasarjana UB diawali dengan laporan panitia ORDIK PPs FEB UB yang dilanjutkan sambutan oleh Prof. Candra Fajri Ananda, SE., MSc., Ph.D. selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya sekaligus perkenalan dari jajaran Dekanat, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan Dosen. Dalam sambutan dekan ada beberapa point penting yang disampaikan antara lain; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya akan meningkatkan kemudahan bagi mahasiswa Pascasarjana untuk menemui Dosen. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan pembuatan ruang-ruang kecil di lantai satu gedung Pascasarjana FEB UB yang harapannya dapat mewadahi metode belajar mahasiswa dengan dosen maupun mahasiwa dengan mahasiswa agar lebih sering bertemu untuk berdiskusi. Selain hal tersebut dekan juga menjelaskan bagaimana sistem pengecekan plagiasi dan beberapa tips untuk membuat disertasi maupun tesis, seperti mengambil isu-isu yang aktual dan dengan menggunakan metode yang baru yang berbeda dengan yang lainnya. “Selamat Berjuang, semoga tercapai harapan dan cita-citanya dan terealisasi mimpi-mimpinya” merupakan kalimat penutup dari sambutan Dekan untuk Mahasiswa Baru Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Rangkaian acara selanjutnya diisi dengan sosialisasi siakad, keuangan dan kemahasiswaan , sosialisasi tentang metode summary jurnal, sosialisasi jurnal dan plagiat serta pengenalan Program Studi Magister dan Doktor yang pelakasanannya dimasing-masing kelas ORDIK yang sudah disediakan panitia sesuai dengan program studi yang diambil. Seperti, Program Studi S2 dan S3 Ilmu Ekonomi, Program Studi S2 dan S3 Ilmu manajemen, Program Studi S2 dan S3 Akuntansi. Adapun acara selanjutnya adalah penyampaian pesan-kesan dari peserta ORDIK yang intinya dengan adanya ORDIK ini Mahasiswa Baru Pascasarjana FEB UB mendapat banyak informasi tentang perkuliahan yang akan dilaksnakan di tahun akademik 2016/2017. Setelah itu kesan dan pesan dari perwakilan Dekan menutup seluruh rangkaian Acara Orientasi Pendidikan dan Kemahasiswa (ORDIK) tahun akademik 2016/2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang. (lst)