Program Magister Akuntansi Terus Meningkatkan Kerja Sama dengan Lembaga-lembaga Profesional Internasional

FEB Bertekad untuk Terus Menjadi Lebih Baik
25 December 2013
Prof. Eko Ganis Sukoharsono sebagai Tim Akreditasi Internasional untuk School of Business, Kobe University, Japan
16 January 2014

    Hingga akhir tahun 2013 semua program studi yang ada di bawah Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB-UB) telah terakreditasi A oleh BAN PT serta salah satu program studi, yaitu Program Magister Akuntansi (PMA), telah menyandang akreditasi internasional The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow 21 (ABEST 21), meskipun demikian masih terdapat beberapa kelemahan yang masih harus terus menerus ditemukan solusi pemecahannya. Beberapa permasalahan utama yang hingga kini dihadapi oleh PMA adalah terkait dengan masalah kurikulum pendidikan berbasis internasional, jumlah mahasiswa asing, karya ilmiah internasional dosen dan sitasi karya ilmiah dosen, serta aktivitas kerjasama dengan lembaga internasional. Beberapa hal tersebut menjadi masalah yang signifikan bagi PMA khususnya dalam hal upaya mempertahankan perolehan akreditasi internasional ABEST 21, memperoleh akreditasi internasional The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), serta memantapkan brand image institusi di dunia internasional.

Pada tanggal 11 Desember 2013, bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) telah diadakan kuliah tamu dengan menghadirkan salah satu lembaga professional internasional, yaitu Association of Certified Fraud Examiners (ACFE). Narasumber dari lembaga tersebut adalah Dato’ Akhbar bin Satar, yang merupakan Presiden Persatuan Fraud Bertauliah Malaysia (Association of Certified Fraud Examiners, Malaysia Chapter). Aktivitas ini bertujuan untuk menginisiasi jaringan kerjasama PMA (Program Magister Akuntansi) dengan lembaga-lembaga professional internasional yang simultan dan berkelanjutan. Selain itu, aktivitas ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kualitas pembelajaran di PMA.

Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan salah satu lembaga professional bertaraf internasional dilakukan sebagai upaya penguatan internasionalisasi PMA di lingkungan praktisi bisnis. Upaya ini dilakukan dengan mendekatkan model-model pendidikan professional yang dikembangkan oleh lembaga-lembaga professional bertaraf internasional dengan aktivitas pendidikan di PMA sehingga tercapai sinergisitas pembelajaran di PMA dengan praktisi professional.

Hasil penting kegiatan ini adalah adanya sharing pengetahuan terkait upaya  pencegahan tindak kecurangan baik yang ada di Malaysia secara khusus maupun untuk wilayah ASEAN secara umum. Setelah melaksanakan kegiatan ini juga diperoleh kesempatan jaringan kerjasama antar lembaga. Kesempatan kuliah tamu ini telah digunakan oleh pengelola jurusan Akuntansi dan PMA untuk membicarakan rencana pengembangan jaringan kerjasama antar kedua lembaga.

Upaya penguatan jaringan kerjasama PMA dengan sebuah lembaga professional yang diakui secara internasional dapat dilakukan dengan mengundang lembaga-lembaga professional internasional untuk menyelenggarakan kuliah tamu di PMA. Melalui penyelenggaraan kuliah tamu ini diharapkan dapat terjalin upaya kerjasama-kerjasama yang saling menguntungkan antara PMA dengan lembaga professional internasional.

Aktivitas ini sangat mendukung upaya pengembangan wawasan peserta kuliah tamu. Melalui kegiatan ini peserta dapat mengetahui perkembangan pengujian tindak kecurangan baik di Malaysia khususnya maupun di wilayah ASEAN pada umumnya. Selain itu, melalui kesempatan ini dapat dijalin komunikasi intensif untuk upaya pengembangan jaringan kerjasama antar-lembaga.

Selanjutnya, demi menjaga keberlangsungan dari tujuan acara penyelenggaraan kegiatan kuliah tamu semacam ini, diharapkan penyelenggaraan-penyelenggaraan kuliah tamu sejenis tetap ada di tahun-tahun yang akan datang dengan mendatangkan pemateri yang memiliki afiliasi dengan lembaga-lembaga internasional di bidang akuntansi, sehingga dapat dijadikan upaya peningkatan kuantitas kerjasama internasional yang dimiliki oleh PMA. (mir/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan