Rapat Kerja FEB: Laporan Perkembangan Kinerja Fakultas Tahun 2012

Laporan Kinerja Tahun 2012 dan Program Kerja Tahun 2013 JAFEB UB
29 January 2013
Laporan: Capaian Kinerja Tahun 2012 dan Rencana Program Tahun 2013 JIE FEB UB
31 January 2013

Selasa (29/1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) telah melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Fakultas di Akasia Ballroom Hotel Savana. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat FEB (Dekan, PD I, PD II, PD III, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, KPS S2 dan S3, KPS Internasional, Pemateri Diskusi Panel yaitu Ir. Endrotomo, MSc, dosen Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, dosen Universitas Negeri Malang serta para dosen dari Jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Rapat kerja yang dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan sambutan pembukaan oleh Dekan FEB UB, Gugus Irianto, Ph.D., Ak.

Sesi selanjutnya adalah laporan kinerja oleh jajaran Dekanat yaitu Dekan FEB UB, Gugus Irianto, Ph.D., Ak selaku pimpinan FEB yang didampingi oleh Pembantu Dekan I (PD I) Bidang Pendidikan, Dr. Khusnul Ashar, Pembantu Dekan II (PD II) Bidang Keuangan dan Personalia, Didied Poernawan Affandy., SE., MBA., CPA dan Pembantu Dekan III (PD III) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Nanang Suryadi., SE., MM. “Rapat kerja ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari FEB UB selain untuk mengetahui pencapaian kinerja FEB UB juga mempererat tali silaturahmi sesama keluarga besar FEB UB”, jelas Dekan FEB UB Gugus Irianto, Ph.D., Ak mengawali laporannya. Laporan perkembangan Fakultas tersebut dimoderatori oleh Sunaryo, Ph,D. Dalam laporannya, Dekan FEB menyampaikan bahwa selama tahun 2012, FEB UB mengalami perkembangan yang cukup baik sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) yang telah ditetapkan oleh UB, baik terkait dengan pendidikan/pengajaran/pembelajaran, penelitian dan pengabdian, kemahasiswaan dan ketenagakerjaan lulusan, efisiensi dan efektivitas pengelolaan layanan, dan pencitraan intenasional.

Secara rinci, hal tersebut dibuktikan dengan beberapa pencapaian yang dilakukan oleh lembaga ini diantaranya FEB UB menjadi institusi pertama di Indonesia yang meraih akreditasi internasional dari sebuah badan akreditasi yang berbasis di Jepang, ABEST21 (The Alliance On Business Education And Scholarship For Tomorrow, A 21st Century Organization). Pencapaian kinerja lainnya yang diraih oleh lembaga ini adalah diraihnya Universitas of Brawijaya Annual Quality Award (UBAQA)  untuk 3 jurusan (Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi). Sedangkan pada tingkat fakultas, FEB UB dianugerahi peringkat 1. Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pun telah diraih oleh masing-masing Program Studi yang ada di FEB UB diantaranya Akreditasi A untuk semua jenjang studi (S1, S2, dan S3) Jurusan Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Ekonomi kecuali Program Studi S3 untuk Ilmu Ekonomi yang terakreditasi B di mana Program Studi S3 Ilmu Ekonomi saat ini masih dalam proses re-akreditasi lagi. Berbagai kerjasama juga telah terjalin antara FEB UB dengan insititusi dalam maupun luar negeri terkait dengan pengembangan pendidikan seperti double degree. Dalam pengembangan fasilitas fisik, pada tahun 2012, FEB UB telah memulai proyek pembangunan Gedung Utama FEB UB Tahap I. Selain itu FEB telah melakukan perbaikan beberapa kelas, ruang dosen, laboratorium dan ruang administrasi.

Pencapaian kinerja FEB tahun 2012 juga terkait dengan tata kelola lembaga. FEB sudah melakukan penataan ulang organisasi dan birokrasi dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada stakeholder, menginstitusionalisasikan Visi, Misi, Tujuan (VMT) baru, mengembangkan sistem informasi berbasis komputer dan mengembangkan pelayanan prima. Arah pengembangan FEB tahun 2012 telah disesuaikan dengan arah pengembangan yang dilakukan oleh Universitas yaitu Menuju the World Class Entrepreneurial University (WCEU). Hal ini juga menuntut visi dan misi FEB untuk dilakukan penyesuaian dengan arah pengembangan Universitas.

Pencapaian lain terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen FEB UB pada tahun 2012 mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut juga didukung oleh pencapaian prestasi dari bidang kemahasiswaan baik dalam lingkup Universitas, Nasional maupun Internasional. Selain itu, dalam memfasilitasi alumni, pada tahun 2012 FEB berhasil mendirikan Job Placement and Information Centre sebagai pusat informasi dan penempatan kerja untuk fresh graduate dan recruitment untuk beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan FEB UB.

Sementara itu, program kerja tahun 2013 disampaikan oleh masing-masing Pembantu Dekan. PD I memiliki target seperti mampu menurunkan angka Drop-out maba melalui intensitas  komunikasi dengan orang tua dan program bimbingan belajar,  Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian masy oleh Dosen FEB melalui peningkatan jumlah dana DPP Fakultas, Pengembangan karakter mahasiswa FEB-UB melalui KKN Tematik, dan sebagainya. PD II menjelaskan tentang rencana penggunaan anggaran Tahun 2013. PD III menyampaikan bahwa masalah utama yang dihadapi mahasiswa adalah terkait call for papers di mana: 1) banyak mahasiswa secara individu lolos dalam call for papers di tingkat nasional maupun internasional namun karena keterbatasan dana dari FEB maka tidak diberikan bantuan pendanaan. Pendanaan diarahkan ke universitas, walaupun dirasakan tidak mencukupi dan 2) Banyak juga mahasiswa FEB yang mengikuti pertukaran pelajar ke beberapa negara namun bantuan pendanaan diarahkan ke universitas

Di akhir laporan, Dekan FEB, Gugus Irianto, Ph.D., Ak menyampaikan kesan dan harapan. “Dengan slogan Inspiring, Empowering, dan Enlightening dari FEB, Alhamdulillah telah mampu mengantarkan pencapaian kinerja pada tahun 2012 cukup membanggakan bagi kita semua. Ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari seluruh stakeholder yang ada di FEB dalam menjalankan komitmennya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dari institusi ini. Selanjutnya, mari kita pertahankan pencapaian ini dan terus memperbaiki diri serta meningkatkan kinerja lebih baik lagi”, ungkap Beliau mengakhiri laporan. (yni/mir)